With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-22

Kehamilan pada tahap ini memang menyenangkan. Untuk menghindari masalah yang mungkin muncul pada kulit, Ibu bisa membacanya dari situs kami. Jangan cemas, karena tim ahli kami juga siap membantu.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   


Perkembangan Bayi

Bagaimana Ibu pada tahap ini? Pasti Ibu sudah tak sabar menanti kelahiran bayi Ibu. Apalagi kini ia sudah tidak kecil lagi. Panjangnya sudah 27 sampai 28 cm dengan berat 9 ons.

Ia juga kini makin peka pendengarannya terhadap suara Ibu. Wajah dan badannya makin mirip bayi baru lahir, walau kulitnya masih transparan dan lapisan lemaknya belum berkembang.

Pahami Tubuh Ibu

Saat hamil, selain karena sirkulasi darah meningkat, kulit Ibu juga akan menampung air lebih banyak sehingga tampak lebih kemerahan dan lebih segar. Ibu juga tampak lebih sehat.

Tapi kehamilan juga bisa menimbulkan jerawat akibat kadar hormon meningkat. Jadi, jagalah kelembaban dan kelembutan kulit Ibu. Bila timbul jerawat, bersihkan dengan pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit.

Jika Ibu ingin menggunakan krim jerawat, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter. Sebenarnya Ibu tak perlu cemas, karena beberapa minggu setelah melahirkan, kondisi kulit akan kembali seperti semula.

Selama hamil, kulit Ibu memang menjadi sensitif. Bila timbul iritasi atau kulit Ibu mengering, hindari sinar matahari dan jaga kelembaban kulit. Agar lebih nyaman, kenakan pakaian dari katun yang lembut, karena mampu menyerap keringat dengan baik. Jangan lupa, cermatlah ketika memilih sabun mandi atau parfum selama hamil.

Tahukan Ibu?

Kehamilan membuat produksi darah meningkat karena Ibu harus menyuplai darah pada bayi. Untuk itu, tubuh Ibu butuh banyak cairan. Minumlah sesuai kebutuhan tubuh, apalagi bila Ibu merasa dehidrasi karena perut yang membesar membuat Ibu sering buang air kecil.