With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-20

Sambil menikmati perkembangan bayi saat di USG, Ibu bisa bertanya pada dokter tentang bayi dan kehamilan Ibu. Kalau masih ada pertanyaan yang terlupa, Ibu bisa menghubungi tim ahli kami.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   


Perkembangan Bayi


Bayi Ibu kini makin pesat pertumbuhannya. Panjang badannya sudah mencapai 22 cm. Bagian otak yang mengontrol inderanya juga berkembang pesat. Detak jantungnya sekarang mudah dideteksi. Jangan heran, kulit bayi Ibu kini memproduksi lendir tebal berwarna putih yang disebut vernix. Lendir ini berfunsgi sebagai ‘anti-air’ untuk melindungi kulit bayi dalam kandungan.

Pahami Tubuh Ibu

Melakukan pemeriksaan USG dan melihat bayi dalam kandungan melalui monitor, pasti jadi pengalaman menarik. Coba saja dengar pengalaman teman yang juga mengalami hal ini.

Hasil scan kehamilan minggu ke-20 biasanya disebut scan anomali yang bertujuan memastikan bayi Ibu berkembang normal dan posisi plasenta baik.

Lama proses USG biasanya sekitar 15-20 menit. Dokter atau petugas sonografer akan memberitahu Ibu secara detail mengenai pekembangan bayi, baik detak jantung dan anggota tubuh bayi Ibu. Bila ada kelainan juga akan diberitahu.

Serunya lagi, di usia 20 minggu, Ibu juga sudah bisa mengetahui jenis kelamin bayi. Dokter kadang menyarankan untuk melakukan scan ulang di minggu-minggu berikutnya. Hasil scan biasanya boleh dibawa pulang untuk kenang-kenangan.

Tahukan Ibu?

Kejang pada kaki selama kehamilan trimester ke-2 dan 3, disebabkan beban tubuh yang bertambah dan memberi tekanan ekstra pada otot kaki. Bagian tubuh yang membengkak saat hamil juga menekan syaraf. Ini akan lebih parah lagi bila Ibu kekurangan kalsium dalam darah, dehidrasi, atau tidak aktif bergerak dalam jangka waktu lama.
Tapi jangan cemas, dokter Ibu pasti bisa membantu mengatasinya.