With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-16

Ingin makan durian, rujak, atau makanan tertentu sering dialami Ibu hamil disaat ngidam. Mungkin Ibu juga mengalaminya. Tapi jangan lupa, tetap pilih makanan yang sehat  untuk Ibu dan bayi.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Perkembangan Bayi


Di minggu ke-16, panjang bayi Ibu sudah sekitar 15 cm dan sudah mempunyai kuku jari tangan dan kaki. Ia juga lebih aktif memutar kepalanya dan melatih ke-40 set ototnya. Walaupun kelopak matanya masih tertutup, namun ia dapat merasakan cahaya yang datang dari luar dunianya.


Pahami Tubuh Ibu


Mengidam biasanya indentik dengan keinginan makanan atau benda tertentu. Keinginan ini sebenarnya wajar saja asal tidak berlebihan. Para suami mungkin sedikit direpotkan karena sibuk memenuhi keinginan Ibu. Pastikan Ibu tetap mengkonsumsi makanan sehat walaupun sedang ngidam.

Selain makanan tertentu, ada Ibu hamil yang mengalami PICA atau keinginanan makan benda-benda yang bukan makanan,misalnya kelupasan cat dinding, tanah liat, atau sabun cuci. Ini sebaiknya jangan dituruti.

Tanda-tanda ngidam adalah  nafsu makan menurun, merasa mual, dan muntah, namun beberapa bulan kemudian nafsu makan membaik kembali.

Tahukan Ibu?

Selama hamil, mata Ibu akan terasa kering dan gatal karena peningkatan hormon. Obat tetes mata dari dokter akan membantu mengatasi hal ini. Sebaiknya ganti lensa kontak dengan kaca mata selama kehamilan.