With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-12

Seringkali saran dari sahabat atau kerabat tentang kehamilan membuat Ibu bingung. Saran mana yang harus diikuti? Jangan bingung, kunjungi saja situs kami dan tim ahli kami akan membantu.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Perkembangan Bayi

Wajah bayi Ibu kini sudah tampak seperti manusia. Wah,menakjubkan!

Panjangnya sekitar 6 cm dan matanya yang muncul dari samping kepala kini sudah mulai berdekatan pada posisi seharusnya. Begitu pula dengan telinganya.

Rambut dan kukunya mulai tumbuh. Dalam mulutnya sudah tumbuh akar gigi tipis yang akan menjadi gigi bayi. Coba lihat, ia mulai menghisap jempolnya. Pita suaranya sudah lengkap walau belum digunakan hingga beberapa detik pertama setelah lahir ke dunia.

Pahami Tubuh Ibu

Trimester ke-2 kehamilan merupakan masa yang paling nyaman buat Ibu. Perut belum terlalu besar, sehingga Ibu masih leluasa beraktivitas. Ibu juga tetap percaya diri tampil cantik walau hamil.

Saat rahim keluar dari tulang pinggul dan mengisi ruang di atas tulang kemaluan, perut Ibu memang tampak membuncit indah. Jadi, kesempatan baik untuk ‘memamerkan’ kehamilan Ibu.

Makin besar kandungan Ibu, makin bertambah pula berat badan Ibu. Hingga akhir kehamilan (40 minggu) normalnya berat badan naik sekitar 15 kg dari sebelum hamil. Tapi jangan khawatir, tubuh akan kembali ramping setelah melahirkan.

Tahukan Ibu?

Bila Ibu bekerja dalam lingkungan yang berbahaya, misalnya mengandung bahan kimia berbahaya, Ibu berhak mengajukan permohonan pindah ke lingkungan yang lebih aman selama hamil.