With you, in your motherhood journey

Kalender kehamilan – minggu ke-10

Zat besi yang banyak terdapat dalam sayuran hijau dan hati adalah nutrisi penting untuk Ibu dan bayi Ibu selama hamil. Jadi, pastikan Ibu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. 

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan ObGyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Perkembangan Bayi

Memasuki usia 10 minggu, bayi dalam rahim Ibu mencapai panjang 3 cm. Jangan heran bila kepalanya tampak sangat besar, karena otaknya berkembang lebih cepat dari bagian tubuh lainnya.

Ia bahkan sudah mulai tidur, bangun dan melatih ototnya. Ia sudah bisa menekuk lengan dan, tulang belakangnya tampak transaparan di balik kulitnya. Jari-jari kaki yang mulai terpisah, makin aktif bergerak.


Pahami Tubuh Ibu

Di trimester awal kehamilan (0-12 minggu) perut Ibu belum tampak buncit walau   ukuran rahim Ibu sudah 2 x besar dari sebelum hamil atau sebesar jeruk ukuran besar. Orang lain tidak akan menyangka kalau Ibu sedang hamil.

Seperti saat Ibu merencanakan kehamilan, tetaplah menjalankan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi seimbang Jangan lupa mengkonsumsi makanan kaya zat besi sebagai salah satu nutrisi penting untuk mencegah anemia. Zat besi membantu membawa oksigen ke dalam sel-sel darah merah agar Ibu tidak mudah lelah dan pucat.

Bila perlu, dokter akan memberi Ibu suplemen zat besi.

Tahukan Ibu?

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Jadi pastikan mengkonsumsi vitamin C disamping zat besi. Mudah saja, minumlah segelas jus jeruk bersama sereal atau roti gandum saat sarapan atau makan buah segar selesai makan siang atau malam.