With you, in your motherhood journey

Berat badan selama kehamilan

Seperti seperti mengetahui makanan sehat yang wajib Ibu konsumsi, peningkatan berat badan selama hamil juga harus Ibu ketahui. Berapa berat badan Ibu sekarang?  Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim ahli kami.

Ibu Pritasari, SKM, M.Sc.
Konsultan Nutrisi
Ibu dari 3 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Berapa Penambahan Berat  Badan yang Normal selama Hamil?



Tinggi dan berat badan Ibu sebelum hamil, bisa jadi acuan untuk menentukan penambahan berat badan yang normal selama hamil. Indeks Masa Tubuh (Body Mass Indek/BMI) dari Dokter atau Bidan Ibu juga merupakan acuan yang baik.

Mungkin sulit untuk mendapatkan peningkatan berat badan yang bertahap selama hamil karena tiap ibu berbeda. Tapi jangan khawatir, dengan pola makan yang seimbang dan olahraga yang teratur, Ibu bisa mengontrolnya.

Rumus BMI = BB / (TB x TB)
(BB = Berat Badan (dalam kg),TB = Tinggi Badan (dalam meter))





Jika Ibu berusia di bawah 20 tahun, sebaiknya penambahan berat badan selama kehamilan mencapai batas tertinggi sesuai dengan Indeks Massa Tubuh Ibu sebelum hamil.



Kenapa Berat Badan Bertambah?

Berat badan saya selama hamil, naik 15 kg. Berat badan Ibu berapa? Apa ya yang menyebabkan berat badan bertambah?

Air yang Ibu minum bukan penyebab bertambahnya berat badan selama hamil. Pada trimester ke-1 atau kehamilan 1-3 bulan, biasanya berat badan menurun karena mual dan muntah. Pada trisemester ke-2 dan selanjutnya nafsu makan ibu membaik lagi.

Sebaiknya Ibu tetap berusaha mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dengan bahan makanan yang bervariasi, sesuai kebutuhan saat hamil.

Dengan perkiraan kenaikan berat badan selama hamil rata-rata sekitar 12,5 kg, maka tubuh Ibu butuh tambahan energi sebesar 70.000-80.000 Kal. Pertambahan kalori ini, terutama diperlukan pada 20 minggu terakhir masa kehamilan, yaitu ketika pertumbuhan janin berlangsung sangat pesat. Bila 80.000 Kal dibagi 40 minggu (280 hari), maka tambahan kalori yang Ibu perlukan adalah antara 285-300 Kalori per hari.



Berat Badan Turun?

Kelebihan berat badan selama hamil memang beresiko. Tapi mengalami penurunan berat badan saat hamil, juga berbahaya. Karena itu berarti berat badan bayi Ibu juga berkurang dan bayi kekurangan gizi. Sudah tentu Ibu tidak ingin hal itu terjadi.
Jangan ragu menanyakan segala hal pada dokter termasuk bagaimana caranya memenuhi kebutuhan gizi selama hamil tapi berat badan tidak berlebihan.



Kalau Berat Badan Kurang Bagaimana?

Akan lebih baik bila Ibu tidak kelebihan atau kekurangan berat badan selama kehamilan, jangan sampai Ibu alami. Kalau bisa, bila sebelum hamil berat badan Ibu kurang, lakukan program penambahan berat badan hingga cukup sehat untuk menjalani kehamilan.
Kalau terlanjur hamil, konsultasikan pada dokter untuk mencapai berat badan yang sesuai, supaya kehamilan Ibu sehat.