With you, in your motherhood journey

Perlukah alat kontrasepsi saat menyusui?

Banyak pemahaman yang menganggap bahwa selama Ibu menyusui, Ibu tidak akan hamil. Baca informasi lengkap berikut, dan bila ada yang ingin ibu konsultasikan, hubungi tim ahli kami sesuai jadwal chat.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Bisakah saya hamil saat menyusui?


Jawabannya adalah ‘Bisa’. Memang benar bahwa menyusui dapat dijadikan metode Kontrasepsi atau KB alami karena hormon yang menghasilkan ASI mencegah ovarium menghasilkan sel telur. Dan hal itu juga menjadi alasan mengapa kebanyakan ibu tidak menstruasi saat menyusui. Akan tetapi, itu tidak berarti aman sehingga Ibu masih perlu menggunakan alat kontrasepsi.


Dan jangan berasumsi hanya karena Ibu tidak menstruasi lagi, Ibu tidak bisa hamil. Ibu tetap subur hingga dua minggu sebelum menstruasi pertama. Jika Ibu tidak tahu sebelumnya kapan Ibu menstruasi lagi, lebih baik Ibu berhati-hati.
 

Apakah aman menggunakan KB saat menyusui?


Ibu dapat menggunakan hampir segala macam metode KB dengan aman saat menyusui. Konsultasikan alat kontrasepsi yang tidak menghambat ASI pada dokter atau bidan.

 

Siapa yang bisa saya tanyai tentang metode KB?


Sekitar enam hingga delapan minggu setelah bayi Ibu lahir, Ibu akan memiliki jadwal pemeriksaan dengan dokter Ibu. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk bertanya masalah KB. Jika Ibu tidak bisa menunggu sampai waktu itu, tanyakan pada bidan atau dokter. Ibu juga bisa mengunjungi klinik keluarga berencana setempat.