With you, in your motherhood journey

Mengatur Jadwal Makan & Tidur Bayi

Jadwal makan dan tidur bayi harus diatur dan diterapkan secara rutin setiap hari, tidur .Berikut adalah pola umum sesuai dengan usia anak (hingga usia 1 tahun) yang bisa Anda jadikan panduan.


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

MENGATUR JADWAL MAKAN & POLA TIDUR BAYI


 Aktivitas makan dan tidur memiliki peranan yang sangat penting dalam perjalanan tumbuh-kembang bayi. Melalui artikel ini, konsultan tumbuh kembang DR. dr. Rini Sekartini, Sp.A (K) menguraikan informasi seputar jadwal makan dan pola tidur si Kecil.


Dengan pengaturan jadwal makan dan pola tidur yang tepat serta disesuaikan dengan perkembangan usianya, diharapkan bayi dapat memperoleh manfaat kesehatan secara optimal untuk mendukung pertumbuhannya. Tidak hanya itu, penerapan jadwal juga akan membantu Anda untuk mengajarkan disiplin kepada anak sejak dini.


Jadwal Makan Bayi

     Jadwal makan bayi harus diatur dan diterapkan secara rutin setiap hari, mulai dari setelah ia bangun di pagi hari hingga malam hari sebelum tidur. Makanan yang diberikan tentunya harus mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral serta air. Selain itu, makanan yang disajikan pun hendaknya bervariasi untuk melatih indera pengecap bayi sekaligus supaya ia tidak merasa bosan, namun tetap memperhatikan komposisi kandungan nutrisi.

     Berikut adalah jadwal makan bayi yang tepat sesuai dengan usia bayi, berdasarkan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia:

 

0 - 6 bulan

Pemberian ASI eksklusif


6 bulan (bertahap)

06.00 (bangun tidur): ASI
09.00 (makan pagi): Bubur susu / biskuit
11.00 (camilan): ASI
12.00 (makan siang): buah
14.00 (sebelum tidur siang): ASI
16.00 (camilan): biscuit / bubur susu
18.00 (makan malam): ASI
21.00 (sebelum tidur): ASI


8 - 10 bulan (bertahap)

06.00 (bangun tidur): ASI
08.00 (makan pagi): Nasi tim saring / bubur susu
10.00 (camilan): Buah segar
12.00 (makan siang): Nasi tim saring
14.00 (sebelum tidur siang): ASI
16.00 (camilan): Buah segar
18.00 (makan malam): Nasi tim saring
21.00 (sebelum tidur): ASI


19 - 12 bulan (bertahap)

06.00 (bangun tidur): ASI/PASI
08.00 (makan pagi): bubur susu / nasi tim biasa
10.00 (camilan): Buah segar atau biskuit
12.00 (makan siang): nasi tim kasar
14.00 (sebelum tidur siang): ASI/PASI
16.00 (camilan): Buah segar atau biskuit
18.00 (makan malam): nasi tim kasar
21.00 (sebelum tidur): ASI/PASI

 


Setealh usia 1 tahun dapat dicoba memberikan makanan keluarga. Yang dimaksud dengan makanan keluarga adalah makanan yang Anda buat sendiri sesuai dengan komposisi nutrisi yang dibutuhkan si Kecil. Untuk snack, Anda dapat memberikan buah, biskuit ataupun makanan sehat yang Anda buat sendiri dari buah atau susu.


Pola Tidur Bayi

Sekitar 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan pada saat si Kecil tidur. Terutama saat tidur di malam hari. Hormon ini berfungsi merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh, termasuk otak. Di samping itu, hormon pertumbuhan juga memungkinkan tubuh memperbaiki dan memperbarui seluruh sel. Mulai dari sel kulit, sel darah, hingga sel saraf otak. Dengan kata lain, pola tidur yang baik akan mendukung sistem kekebalan tubuh bayi. Sedangkan pada bayi yang tidurnya tidak nyenyak, akan cenderung lebih rentan sakit, infeksi, iritasi, dan menjadi kurang responsif saat ia bangun.

Berikut adalah pola tidur umum sesuai dengan usia anak (hingga usia 1 tahun) yang bisa Anda jadikan panduan, meski pola tidur bayi Anda bisa jadi berbeda dengan pola tidur anak sebayanya.


Bayi baru lahir

Jumlah waktu tidur sekitar 16 jam. Namun pola tidur ini pun terbagi-bagi, yaitu tidur siang 7,5 jam dan tidur malam 8,5 jam. Selain itu, bayi baru lahir juga terprogram untuk bangun ketika popoknya basah, kedinginan, kepanasan dan lainnya.


Usia 1 bulan

Jumlah waktu tidur antara 10,5 jam hingga 18 jam. Bayi Anda mulai dapat beradaptasi, serta membedakan waktu siang dan malam. Pada siang hari, si Kecil akan sering tidur meski ia telah menghabiskan sebagian besar waktu malam untuk tidur.


Usia 2 bulan

Jumlah waktu tidur antara 10,5 jam hingga 18 jam. Pada usia ini, bayi Anda lebih waspada dan mengenali orang-orang di sekelilingnya. Kebanyakan para bayi masih melakukan tidur siang antara 2 sampai 4 jam (atau lebih). Selain itu, kemungkinan bayi Anda juga mulai meninggalkan kebiasaan menyusu pada tengah malam.


Usia 3 bulan

JJumlah waktu tidur antara 10,5 jam hingga 16,5 jam. Sebagian besar bayi tidur siang selama 2 – 3 jam. Beberapa bayi dapat tidur nyenyak antara 6 – 8 jam pada malam hari.


Usia 6 bulan

Jumlah waktu tidur antara 13 jam hingga 14 jam. Pada pagi dan sore hari, biasanya bayi tidur dalam durasi yang singkat. Sedangkan pada malam hari, bayi biasanya tidur sekitar 9 – 11 jam.


Usia 9 bulan

Jumlah waktu tidur antara 13 jam hingga 14 jam. Pada usia ini, bayi Anda mungkin menyukai tidur pada siang atau sore hari. Sebagian besar bayi tidur selama 10 – 11 jam tanpa terbangun.


Usia 12 bulan

Jumlah waktu tidur antara 12,5 jam hingga 13 jam. Di usia ini, bayi tidur nyenyak pada malam hari selama 10 – 12 jam, ditambah tidur pendek pada siang dan sore hari.


Cari tahu lebih lanjut tentang rutinitas bayi di sini.