With you, in your motherhood journey

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Tumbuh kembang si Kecil dapat terganggu bila masalah susah makan tidak segera diatasi. Salah satu tips mengatasinya adalah memberikan pilihan menu. Ibu bisa hubungi Nutricia Careline di nomor 0800-1821059 (bebas pulsa) untuk konsultasi.



Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Bayi Ibu mengenali Ibunya


Ibu adalah orang yang paling dikenal oleh bayi Ibu.  Lakukan saling berpIbungan muka dengannya, sesering mungkin. Dalam pelukan Ibu, ia merasa nyaman hingga jika diangkat orang lain ia kan menagis. Biasanya ia akan menggerakkan tangannya jika dia  senang dan merasa nyaman dengan menghisap jemari jari.


Memberi ASI Pada Bayi


Masalah pemberian ASI sering muncul pada bayi dan kolik cenderung menjadi salah satu masalah yang sering muncul – terjadi pada 1 dari 4 bayi kecil. Namun bayi yang mengalami kolik tidak akan mempunyai masalah lanjutan setelah kolik itu berhenti.  Ibu mungkin resah mendengarkan tangisan yang berlangsung lama sekali setiap harinya. Untuk mencari tahu tentang tip menenangkan bayi yang mengalami kolik, lihat artikel kami tentang kolik
 

Bayi Ibu Belajar Mengangkat Kepala


Bayi Ibu yang kini berusia usia 2 bulan otot-otot tubuhnya terus menguat dan keterampilannya makin bertambah. Ia akan mulai mampu mengontrol gerakan otot-otot tubuhnya seperti mengangkat kepalanya dan menopang lehernya selama beberapa saat ketika dia dalam posisi tengkurap.
 
Berkomunikasi


Meskipun bayi usia 2 bulan Ibu belum bisa berbicara dengan menggunakan kata-kata, dia punya  cara berkomunikasi. Di usia ini ia mulai mampu mengeluarkan suara dari mulut kecilnya.  Suara Ibu mungkin jadi  suara favoritnya. Saat ias mendengar suara Ibu , maka dia akan merespons secara naluriah dengan membuat jawaban suara.
Ibu juga akan menemukan bayi Ibu tersenyum manis pada Ibu. Bukan lagi senyum refleks pada saat tidur, tapi senyum yang memancing respon Ibu untuk membuatnya tersenyum lebih lebar.

 

Menemukan Tangannya

 

Saat refleks genggamnya berkurang, bayi Ibu akan mulai menganggap tangannya sebagai mainan barunya (serta mulutnya) untuk mengeksplorasi semua benda yang disentuhnya. Karena itu hindarkan benda-benda berbahaya dari si kecil.

Tahukah Ibu?

Fisik bayi Ibu berkembang dari kepala hingga ujung kaki. Dimulai dengan menguatnya  otot lehernya untuk menopang kepala, lalu bahu, dada,  punggung bagian bawah sampai otot kaki yang  membuat si kecil mampu melangkahkan kaki mungilnya.