With you, in your motherhood journey
   

Nafas Sesak saat Hamil Muda

Dear Ibu/Bpk Dokter,

Usia kandungan saya skrg masuk 9 minggu, namun saya terkadang merasakan sesak nafas, tadinya saya fikir karena bra yg kesempitan namun sudah saya ganti ukuran, namun masih saja suka sesak. Apakah itu pengaruh dari mual & muntah saya? jadi rongga dada menjadi sakit karena hal tsb.

Mohon pencerahannya.

terima kasih.

Posting pada 12/10/2012 12:43:51

Dear Ibu Tami Tunggala

Pada saat hamil, gerakan lambung dan usus akan melambat, sehingga proses pengosongan lambung dan usus pun akan melambat juga. Proses ini akan menyebabkan Ibu cepat kenyang, mual, perut menjadi kembung dan kadang terjadi perubahan pola BAB. Terisinya lambung oleh udara akan menyebabkan lambung menekan ke atas sehingga rongga dada menjadi lebih sempit dan gerakan paru menjadi lebih terbatas. Halini tentunya akan menyebabkan keluhan sesak. Walaupun apa yang terjadi pada Ibu adalah normal pada kehamilan, tetapi sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke dokter Ibu untuk memastikan tidak ada kelainan paru.

Saran saya adalah menambah asupan serat, baik dari buah ataupun sayuran, serta mengkonsumsi minimal 2 liter air putih perhari. Mengkonsumsi obat pencahar sebaiknya dihindari.Apabila mual memang sangat mengganggu, mengkonsumsi obat anti mual sebaiknya dipertimbangkan. Olahraga teratur akan membantu meningkatkan gerakan usus.

Salam,

Posting pada 18/02/2013 14:37:13

Posting komentar…

Anda perlu Log in atau register untuk memasukkan komentar anda
   
Siapa
yang online?

Tidak ada yang online saat ini