With you, in your motherhood journey
   

KEPUTIHAN SAAT MASA KEHAMILAN

Keputih banyak dikeluhkan o/ para ibu hamil.
Sebenarnya hal ini timbul karena pada saat hamil, produksi lendir vagina memang akan meningkat.

Hal yang harus dilakukan adalah menjaga agar daerah kemaluan tetap terjaga kebersihan dan kekeringannya.
Gunakan air mengalir untuk membersihkan daerah kemaluan Ibu setelah buang air kecil dan pastikan kering setelahnya.
Penggunaan sabun antiseptik diperbolehkan sesekali2.

Tapi sebaiknya tetap konsultasikan keluhan anda pada dokter kandungan agar jika ditemukan hal2 yg membahayakan kesehatan janin dpt segera diatasi.

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 14/02/2011 15:18:35

Dok, sy bru 2 minggu menikah, dalam beberapa hari ini saya sering buang air kecil dan ketika buang air kecil rasanya nyilu n perih, kemudian dalam 2 hari ini keluar cairan berwarna putih ada gumpalan2 kecil yang keluar, terus juga sering merasa mual d tenggorokan, apakah itu gejala kehamilan dok, mohon penjelasannya

Posting pada 27/02/2013 11:52:18

Dear Ibu Rhie Chan,

Pada saat hamil, produksi lendir vagina memang akan meningkat. Sifat lendir vagina ini adalah bening, tidak berbau dan tidak menyebabkan rasa panas. Perubahan sifat lendir menunjukkan bahwa lendir vagina normal sudah terinfeksi.

Jadi selama sifat lendir Ibu masih masuk dalam kategori normal, maka tidak ada yang perlu dikuatirkan.

Pastikan agar Ibu menjaga agar daerah kemaluan Ibu tetap kering dan tidak lembab, menghindari pemakaian panty liner dan pakaian ketat, serta menggunakan sabun antiseptic untuk daerah kemaluan dan lipatan paha bila diperlukan.

Salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 22/01/2013 14:35:28

Salam kenal dok, sekarang saya sedang hamil 8 bulan anak pertama. sesekali saya memang mengalami keputihan yang menyebabkan gatal tapi tidak berbau. Sehabis BAK atau BAB saya selalu mengeringkan daerah V dengan tissu. Apakah itu baik dok? jika boleh menyebutkan merk, kira2 sabun antiseptik merk apa yang bagus dan aman bagi ibu hamil? mengingat banyak jenis sabun yang ditawarkan. terimakasih atas jawabannya dok.

Posting pada 26/12/2012 17:36:59

dok, saya sekarang hamil empat bulan jalan lima bulan, waktu awal kehamilan saya mengalami flek, namu diberi obat oleh dokter kandungan saya, flek hilang tapi sering megalami keputihan, saya fikir biasa, karena kalo hamil kan hormon yang bikin keputihan meningkat, hanya saja keputihan kali ini bikin ga nyaman coz lendir yang keluar gak kental, tapi agak encer, bau, warnanya juga ga putih, namun gak bikin gatal. dokter kandungan saya bilang ga masalah, gimana menurut dokter? mohon penjelasannya, trims

Posting pada 23/11/2012 15:57:19

Dear ibu girl.emo,

Pada saat hamil, maka lendir vagina akan bertambah jumlahnya. Lendir vagina normal bersifat bening, tidak berbau, tidak berwarna, tidak menyebabkan gatal atau rasa panas. Jadi selama sifat lendir tesebut sesuai dengan kriteria yang telah saya sebutkan, maka tidak ada yang perlu dikuatirkan. Pastikan bahwa Ibu menjaga agar daerah kemaluan tetap kering dan tidak lembab sehingga tidak memicu timbulnya infeksi. Hindari pemakaian panty liner dan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat. Menggunakan sabun antiseptik diperbolehkan selama ini tidak dilakukan terlalu sering, cukup sesekali saja. Keputihan yang mengganggu memang pada akhirnya dapat mengganggu kehamilan apabila tidak ditatalaksana dengan tepat.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 20/08/2012 15:30:15

dok nma saya chika saya berusia 23 tahun dan saat ini saya sedang hamil ank pertama saya berusia -/+5 bln saya pernah menglami keputihan namun tidak ad kriteria sprti yg dokter sebutkan sebelum'y, pada saat saya belum hamil smpe skrg sya sgt rutin skli m'gunakan sabun antiseptik/sbun sirih stiap pge n tiap kali setelh berhubungan dg suami saya, ap tindakan saya itu bza membhaykn kondisi janin saya saat ini jika saya menggunkan sabun antiseptik tersebut setiap hre scra rutin??mohon penjelsn'y dok terima ksih

Posting pada 16/08/2012 15:37:22

Dear ibu derriz,

Pada saat hamil, maka lendir vagina akan bertambah jumlahnya. Lendir vagina normal bersifat bening, tidak berbau, tidak berwarna, tidak menyebabkan gatal atau rasa panas. Jadi selama sifat lendir tesebut sesuai dengan kriteria yang telah saya sebutkan, maka tidak ada yang perlu dikuatirkan. Pastikan bahwa Ibu menjaga agar daerah kemaluan tetap kering dan tidak lembab sehingga tidak memicu timbulnya infeksi. Hindari pemakaian panty liner dan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat. Menggunakan sabun antiseptik diperbolehkan selama ini tidak dilakukan terlalu sering, cukup sesekali saja.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 23/05/2012 22:40:39

Dear ibu Nita,

Pada saat hamil, maka sistem tubuh akan berubah melambat dan daya tahan tubuh akan menurun. Hal ini akan menyebabkan Ibu akan lebih mudah letih dan lemas, serta mudah terserang peradangan baik karena reaksi alergi maupun infeksi. Demikian juga produksi keringat akan meningkat. Saran saya adalah melakukan olahraga secara teratur (dengan berolahraga maka selain daya tahan tubuh akan terjaga maka sirkulasi darah juga akan lebih baik), menjaga keseimbangan asupan nutrisi (silahkan membaca ulasan tim kami tentang nutrisi selama kehamilan) dan menjaga kebersihan kulit dengan mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun antiseptik. Pada saat hamil, produksi lendir vagina memang akan bertambah. Lendir vagina normal bersifat bening, tidak berbau, tidak berwarna, tidak menyebabkan gatal atau rasa panas. Jadi selama sifat lendir tesebut sesuai dengan kriteria yang telah saya sebutkan, maka tidak ada yang perlu dikuatirkan. Pastikan bahwa Ibu menjaga agar daerah kemaluan tetap kering dan tidak lembab sehingga tidak memicu timbulnya infeksi. Apa yang terjadi pada Ibu adalah sudah terjadi infeksi pada lendir vagina, sehingga sebaiknya Ibu mendiskusikannya dengan dokter Ibu tentang pengobatan untuk infeksi ini. Selanjutnya, jagalah higeine daerah kemaluan Ibu.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 21/05/2012 12:45:39

dok sat ini usia kehamilan saya 6bln saya mengalami keputihan yg dimana cairan yg keluar brupa lendiran berwarna kuning dan menggumpal seperti tepung yg terkena air.. apakah itu berbahaya atau tidak ya dok.. saya sudah konsul ke bidan dan jawabanya hal biasa tpi saya masih blm puas dan msh merasa khawatir...

Posting pada 20/05/2012 16:39:01

dok, usia kandunganku sudah 10minggu, akhir2 ini saya sering keputihan kadang bau, apalagi kalau stelah buang air kecil, kadang juga bau badan, itu membuat saya tidak nyaman, apa saya salah makan ato apa ada masalah dg tubuh saya? apa yang harus saya lakukan dan bagaimana mengatasinya, terimakasih....

Posting pada 14/05/2012 14:43:13

Dear ibu Tristiya,

Pada saat hamil, produksi lendir vagina memang akan bertambah. Lendir vagina normal bersifat bening, tidak berbau, tidak berwarna, tidak menyebabkan gatal atau rasa panas. Jadi selama sifat lendir tesebut sesuai dengan kriteria yang telah saya sebutkan, maka tidak ada yang perlu dikuatirkan. Definisi awam keputihan adalah bila lendir tersebut berubah sifat dan menyebabkan gangguan atau keluhan. Bila memang sudah mengganggu atau menyebabkan keluhan, maka sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke dokter. Pastikan bahwa Ibu menjaga agar daerah kemaluan tetap kering dan tidak sehingga tidak memicu timbulnya infeksi. Menggunakan sabun antiseptik sesekali untuk daerah kemaluan dapat membantu menghilangkan keluhan.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 21/04/2012 23:12:26

say ajuga mengalami hal tersebut,saat usia kehamilan menginjak 7bulan,keputihan itu melebihi dari sebelumnya.dan keputihan itu berwarna kuning tp tidak bau ataupun gatal dan panas.hanya saja banyak sekali keputihan itu jauh lebih banyak dan kental.apakah itu akan mempengaruhi bagi janin saya dok?

Posting pada 18/04/2012 11:27:05

Sedang hamil usia minimum 10 minggu? Mau tahu jenis kelamin bayinya perempuan atau laki-laki? hanya dengan URIN di pagi hari, dengan IntelliGender, anda dapat mengetahuinya dalam 10 menit!. Buatan Amerika, kini hadir di Indonesia. kunjungi kami di IntelliGenderIndonesia.com atau hubungi call center di 085221331555, bisa juga melalui sms ke nomer tersebut, BBpin: 21e31aca. So? Kenapa harus menunggu sampai bulan ke 5-6 melalui USG untuk mengetahuinya? get yours now! Ssst... The only one in the World!
Topic image

Posting pada 09/03/2012 01:01:48

saya mengalami keputihan dok tapi cuma lendir dan tidak berbau hanya saya merasa tidak nyaman kalau saat berhubungan keputihan ini sudah lama sebelum saya hamil, hanya kalau berhubungan keputihan ini keluar dan menjadi bau.. tolong bantu saya untuk mengatasi nya..

Posting pada 07/03/2012 15:30:45

Dear ibu Dita,

Selama kehamilan, maka lendir vagina akan bertambah. Sifat lendir ini adalah bening, tidak berwarna, tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal/panas. Apabila terjadi infeksi, maka lendir ini akan berubah sifatnya. Lendir vagina yang terinfeksi akan memicu terjadinya kontraksi atau ketuban pecah. Jadi penting untuk menjaga daerah kemaluan untuk tetap kering dan tidak lembab untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi. Membersihkan daerah kemaluan dengan sabun antiseptik akan membantu.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 26/02/2012 17:03:53

Dokter,uk saya 39w,sejak uk 37w saya merasa produksi lendir di vagina semakin banyak..
kadang kalau capek atau habis berhubungan dengan suami sampai keluar lendir putih,kenyal dan kental.tapi baunya tidak begitu menyengat dan tidak gatal juga..kalau baru keluar memang warnanya putih,tp kalau sudah dibiarkan agak lama berubah kekuningan kuningan..apa itu normal dok?

Posting pada 23/02/2012 11:02:35

Dear mama Viano,
Pada prinsipnya, pada saat kehamilan maka produksi lendir vagina akan melimpah. Karenanya penting untuk menjaga agar daerah kemaluan tetap kering setelah BAK atau mandi untuk menajag tidak terjadinya infeksi. Produksi lendir vagina yang normal adalah tidak berbau, tidak menimbulkan rasa panas dan gatal, serta tidak berubah warna menjadi kuning atau putih kental.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 16/09/2011 10:56:59

saya ini lg hamil ke-2 dan saya msh hamil muda terus saya sekarang mengalami keputihan dan vagina saya terasa gatal sekali pd hal dulu saya tidak merasakan hal seperti ini...
yg mau saya tanyakan apakah dampaknya buat janin yg ada didlm kandungan saya

Posting pada 15/09/2011 15:39:17

kata dokter saya, untuk keputihan apabila tidak berwarna kuning, berbau telur busuk, dan gatal, maka tidak apa2.

kalau seperti itu, bisa langsung ke dokter, perawatan awal menggunakan absolut pagi dan sore. setelah kembali ke keputihan yg wajar, bisa seminggu dua kali saja.

semoga membantu ya moms. :)

Posting pada 07/09/2011 23:16:32

Dear ibu Rina,
Apa yang terjadi pada Ibu adalah lendir vagina yang terinfeksi (karena menimbulkan gatal). Pada kehamilan, peningkatan produksi lendir vagina adalah normal. Saran saya pastikan agar daerah kemaluan Ibu tetap terjaga kebersihannya dan kering setelah BAK atau mandi. Penggunaan sabun antispetik atau sabun pembersih daerah kemaluan diperbolehkan apabila ditemukan keluhan gatal (jadi tidak digunakan rutin setiap hari).

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 28/08/2011 09:58:14

Dear ibu Tria,
Apa yang terjadi pada Ibu adalah lendir vagina yang terinfeksi (karena menimbulkan rasa gatal). Pada saat berhubungan dan kehamilan, peningkatan produksi lendir vagina adalah normal. Saran saya pastikan agar daerah kemaluan Ibu tetap terjaga kebersihannya dan kering setelah BAK atau mandi,serta besihkan dulu daerah kemaluan Ibu dan suami Ibu sebelum berhubungan. Penggunaan sabun antispetik atau sabun pembersih daerah kemaluan diperbolehkan apabila ditemukan keluhan gatal (jadi tidak digunakan rutin setiap hari).

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 28/08/2011 09:54:48

Dulu saya pernah hamil yang kedua,usia kandungan saya sudah memasuki4 bulan,awalnya saya mengalami keputihan hampir setiap hari,dan sangat gatal sekali sampai berwarnah ke coklatan,pada akhirnya saya mengalami keguguran,bagi ibu-ibu yang sedang hamil dan mengalami ke putihan saya sarankan langsung konsultasi ke dokter anda jangan sampai hal2 yang tidak di inginkan terjadi,terimakasih...

Posting pada 25/08/2011 19:32:25

Salam Dok,

saya mau tanya, klo saya sedang 'Maaf' berhubungan dengan suami, setelahnya suka mengeluarkan cairan putih trs gatal tapi tidak sering juga keluar cairan putih, apa ini pengaruh buat janin yg saya kandung Dok?

saya suka pakai pembersih antiseptik untuk ilangin rasa gatal apa bagus?

mohon jawabanya?? Thx

Posting pada 22/07/2011 10:49:39

Dok..saya sedang hamil 7minggu kadang klo kecapean suka nyeri di perut bagian bawah dan keluar cairan putih tapi krmn keluar cairan coklat + gatal..apa itu berbahaya dok???

Posting pada 07/07/2011 09:39:37

Dear ibu,
Keputihan yang disertai rasa gatal, rasa panas, perubahan warna atau menimbulkan bau yang tidak sedap memang sebaiknya diobati karena akan mengganggu kehamilan. Pada kehamilan, produksi lendir vagina memang akan meningkat, jadi yang harus diperhatikan adalah menjaga agar tidak terinfeksi. Cara menjaganya adalah dengan higiene daerah kemaluan yang baik sehingga tidak lembab. Dengan daerah kemaluan yang lembab, maka infeksi aklan lebih mudah terjadi.

Salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 27/04/2011 05:44:46

saat ini sy sedang mengandng anak ke-2 dan mendekati waktu melahirkan sekitar 2 minggu, pada anak pertama sy tidk pernh mengalami keputihan seprti saat ini, keputihan saat kehmiln ke-2 ini sgt banyak dan bahkan terasa gatal, sdh sy konsultasikan dgn dr. kandungan dn sudah di beri obat tetapi tetap sjgak bsa hilng, apakah ini pembawan selama hamil ya dok, tolng penjelasannya.makasih

Posting pada 24/04/2011 20:30:44

Dear ibu Dewi,
Apabila ditemukan adanya gatal atau keputihan yang berbau kurang sedap, maka silahkan saja selama hanya di daerah kemaluan bagian luar saja.

Salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 25/03/2011 12:00:03

apakah aman jika menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan daerah vagina saat usia kehamilan 37 minggu ?? mohon jawabannya ya dok.

Posting pada 22/03/2011 12:48:57

Dear ibu,
Pada saat hamil, maka produksi lendir vagina akan meningkat. Yang harus diperhatikan adalah menjaga agar lendir yang berlebih itu tidak menyebabkan timbulnya infeksi. Nyeri yang terjadi bisa karena keputihan tersebut atau karena infeksi saluran BAK. Memang diperlukan pemeriksaan untuk bisa menentukan penyebabnya, jadi sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke dokter. Saran saya saat ini sebelum Ibu memeriksakan diri, adalah menjaga agar daerah kemaluan kering (jangan sampai lembab) dan cukupi kebutuhan minum (2 liter per hari). Apabila keluhan berlanjut, periksakan diri ke dokter.

Salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 18/03/2011 00:24:17

dok, saya juga mengalami hal tsb, saat ini usia kehamilan saya 9 minggu, saya sudah konsultasi ke dokter kandungan waktu usia 6 minggu dan diberi antibiotik, tapi setelah obatnya habis, saya mengalami keputihan lagi, kemudian saya sering mengalami konstraksi perut bagian bawah dan bagian pinggang, penyebabnya apa?dan cara mengatasinya bagaimana?apakah ini berbahaya untuk janin atau tidak?kemudian bagaimana cara untuk mrngatasi keputihan?makasih

Posting pada 14/03/2011 21:36:15

saya mengalami hal itu dok, saat ini kehamilan saya mencapai usia 9 minggu, dan panjang janin saya 4,7cm.apakah itu menjadi penyebab keputihan terjadi dok?dan saya sering mengalami pusing serta sakit perut bagian bawah..apakah hal ini berbahaya untuk janin atau tidak ya?

Posting pada 10/03/2011 16:32:26

Posting komentar…

Anda perlu Log in atau register untuk memasukkan komentar anda
   
Siapa
yang online?