With you, in your motherhood journey
   

PEMILIHAN JENIS ALAT KONTRASEPSI

Bunda,
Sekarang ini ada banyak jenis alat kontrasepsi yang dapat digunakan untuk menghambat kehamilan.

Dan masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan....

Mari saling berbagi cerita, mengapa ibu menggunakan alat kontrasepsi yang ibu gunakan sekarang, dan apakah pernah mengalami ketidakcocokan terhadap salah satu jenis alat kontrasepsi.

Posting pada 15/06/2010 20:37:44

sore dok...
saya sudah 3 bulan paska lahiran secara sesar. dan pada 40 hari setelah persalinan, saya pasang KB IUD.
tapi sampai sekarang darah nifas saya blm selesai. bagaimana ya dok?

Posting pada 19/08/2014 16:59:57

dear bunda...mau nanya nih saat ini sy minum pil kb diane35,smpai saat ini tdk ada mslh berarti n mens sy jd teratur,yg sy tanyakan apakah benar konsumsi pil kb beresiko terkena penyakit kanker,mengingat sy sdh merasa nyaman dgn kb ini,mhn sarannya,,trmks

Posting pada 02/05/2013 16:32:57

halo dokter,sya sdh melahirkan 7 bln lalu dgn proses cecar.3-4bln pasca melahirkan haid saya tdk teratur.tp skrg sdh teratur,slama ini saya menggunakan kb condom dgn suami.pertanyaan saya,apa condom itu aman utk tubuh saya jk saya gunakan dlm jangka tahunan.smp rencanakan hamil lagi?

Posting pada 26/04/2013 12:21:06

pagi dok,saya melahirkan putra saya bulan desember kmrin,selesai masa nifas saya sekitar bulan febuary,namun diakhir febuari saya mengeluarkan darah seperti haid,namun hanya 1hari saja,dan hal itu terjadi setelah malamnya sy berhubungan,yang sy ingin tanyakan apakah itu darah haid,nifas atau apa ya ?jenis kb apa yang hrus saya pakai?krn saya masih asi eksklusif?karna sampe skrg ini saya belum juga haid,dan kalopun berhubungan saya selalu memakai kondom,dan setelah saya testpack pun 2x hasilnya negatif.terima kasih,mohon dijawab ya dok

Posting pada 25/04/2013 12:22:39

Salam CN.
Saya menikah 6 nopember 2010 dan menunda kehamilan kurang lebih 10bln tanpa kontrasepsi. Trus hamil dan melahirkan tgl 25 Mei 2012 anak pertama secara sesar yg skrng sudah berusia 11 bln. Setelah melahirkan sampai saat ini saya tidak memakai alat kontrasepsi apapun alias KB alami (kalender)saja. Dan itu atas kesepakatan saya dan suami untuk tetap KB alami krn lebih baik untuk kesehatan, khususnya saya. Tapi bagaimana dengan suami saya dok ?
Mohon penjelasannya.
Trim's

Posting pada 11/04/2013 11:48:15

dok, jika tinggi saya hanya 145cm trz pake KB spiral, kira2 beresiko g ya? ato apa yang tidak menganggu hormon dok ?

Posting pada 04/01/2013 03:22:32

ibu.. saya mau tnya ya.. klo pil andalan laktasi apa bikin badan gemuk..?? karna saya termasuk berbadan besar.. TB 170 n BB 70kg.. apakah ada yg pernah pkai pil laktasi andalan tris gemuk?? mohon share nya...

Posting pada 19/12/2012 10:10:55

saya memakai KB susuk 3thn.
tapi kok seringkali datang haid tidak teratur, turun haid'nya bisa sampai 2mggu lbih.. kadang setelah selesai haid, jelang 2/3mggu kemudian malah turun lagi..
apakah itu pengaruh dari KB atau apa yah dok??
saya memakai KB susuk tahun lalu bln juni.

apakah ada efek samping lainnya??

Posting pada 05/12/2012 12:35:04

pagi dok...begini setelah usia anak ke 2 saya 7 bulan saya mulai ikut KB dan yg saya pilih suntik KB 3 bln. Ini baru pertama kalinya saya ikut KB, tetapi sejak saya suntik tgl 29 Sept sampai sekarang saya terus mens. Awalnya bayak, dapt 3 mgg saya disarankan minum pil KB 3x sehari. Setelah konsumsi 1 minggu memang agak berkurang tp kepala saya pening sekali. akhirnya saya stop dan sampe sekarang masih mens dikit2 dan terkadang flek/ada darah beku coklat2. Gimana ya dok cara mengatasinya? apa ini normal? Pernah saya tanyakan di tempat saya suntik, katanya wajar...terima kasih sebelumnya

Posting pada 30/11/2012 10:30:29

sekarang bayi saya usia 4 bulan (ASI tp tdk exclusive), saat ini saya telat untuk kontrol KB suntik 3 bulan. oleh bidan, saya disarankan untuk kembali lagi saat menstruasi hari ke 2. yang ingin saya tanyakan. kapan menstruasi saya keluar, karena saat ini sudah 1 bulan tp belum menstruasi juga.

Posting pada 06/11/2012 11:27:27

askum.saya baru melahirkan tanggal 10 sep kemarin.sesaat sebelum operasi caesar waktu cek darah ternyata hasil lab menunjukkan hbsag saya positif.jadi saya melakukan cek lebih mendalam dan ternyata hbeag saya menunjukkan negatif.waktu saya kontrol ke dokter kandungan saya,beliau bilang bahwa kb yang harus saya gunakan harus spiral,tidak boleh hormonal karna saya mengidap hepatitis,tapi waktu saya periksa ke dokter penyakit dalam kemarin hasil cek sgot sgpt saya normal dan beliau bilang tidak usah di lakukan pengobatan,kecuali suatu saat nanti sgot sgpt saya tidak normal.dan saat saya bertanya soal kb beliau bilang tidak ada hubungannya.yang ingin saya tanyakan bolehkah saya menggunakan kb suntik saja,karna sgot sgpt saya normal?karna kalau bisa saya tdk ingin menggunakan spiral.benarkah kb suntik bisa membuat gemuk?kiat apa yg bisa dilakukan agar tdk gemuk?

Posting pada 30/09/2012 08:57:47

Saai ini sikecil sudah 6bln sejak masa nifas blm haid juga, kb apa yng cocok u/ saya sedangkan saya punyak riwayat pernah terkena FAM,apakah kb spiral bisa dilakukan kl kita uda haid?

Posting pada 29/09/2012 09:53:10

Dear ibu Yeyene,

Pil tersebut tidak ditujukan untuk Ibu menyusui karena akan mengganggu produksi ASI. Jenis KB yang disarankan untuk wanita menyusui adalah suntik KB 3 bulanan, pil KB laktasi, implant (susuk) atau IUD (spiral).

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 10/09/2012 21:53:09

Apakah pil kb YAZ aman bagi ibu menyusui? Sebelumnya saya menggunakan kb suntik per 3 bln.

Posting pada 09/09/2012 11:04:50

Dear ibu Baliyuna,

Setiap jenis KB mempunyai keuntungan dan kekurangan, jadi tergantung dari masing2 individu karena pemilihan jenis KB adalah tergantung dari hasil diskusi antara Ibu, suami Ibu dan tenaga medis, serta tergantung dari hasil pemeriksaan yang dilakukan. Seorang wanita dengan tekanan darah yang tinggi atau dengan kelainan profil lemak sebaiknya tidak menggunakan KB hormonal, seorang wanita dengan tingkat kedisiplinan yang rendah sebaiknya tidak menggunakan KB pil, dan seorang wanita dengan riwayat infeksi radang panggul sebaiknya tidak menggunakan KB spiral. Memang KB spiral (atau disebut juga sebagai IUD) adalah jenis KB yang tidak mengandung hormon sehingga tidak akan ditemukan adanya gangguan siklus haid atau kesuburan akan kembali dengan segera. Saran saya adalah mendiskusikannya dengan suami dan bidan atau dokter Ibu tentang pemilihan jenis KBnya.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 29/08/2012 21:33:05

KB yg paling bagus itu apa ya bun???
badan aq besar,jadi takut mau pake KB pil ato suntik..klo pake spiral ada efek sampingnya uja lok gk cocok.. jadi bingung,,
KB IUD apa aman???merk apa yg paling bagus n paling aman ya bun???

Posting pada 27/08/2012 08:22:09

Dear ibu,

Setiap kontrasepsi tentunya mempunyai angka kegagalan, jadi memang benar bahwa seorang wanita yang menggunakan spiral masih mempunyai kemungkinan untuk hamil (walaupun angka kegagalan ini kecil). Kegagalan ini biasanya berhubungan dengan posisi spiral yang tidak sesuai atau masa kerjanya sudah lewat (kadaluarsa). Saran saya adalah apabila Ibu menggunakan spiral, pastikan Ibu memeriksakannya secara teratur untuk memastikan posisinya dalam keadaan baik dan memastikannya menggantinya dengan yang baru apabila masa kadaluarsanya sudah tiba.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 26/08/2012 19:36:11

Tanya ya,anak sy sdh 8 bln dan saya sdh menggunakan KB spiral selama 5 bln,sejauh ini aman2 saja. tp apa benar rumor yg beredar klo KB spiral itu tidak aman krn dpt menyebabkan kemahilan lg,klo pun benar apa itu tidak membahayakan u/ bayi?? faktor apa yg dapat menyebabkan spiral itu tidak aman????
so scary nich jdnya.
tq dok.
Topic image

Posting pada 24/08/2012 12:15:23

Dear ibu Trianisa,
Selama Ibu menyusui secara eksklusif, maka siklus haid Ibu akan terganggu karena hormon yang mengatur produksi ASI akan menekan kerja hormon yang mengatur siklus haid. Saat ini tidak ada hal khusus yang harus Ibu lakukan atau hindari kecuali menerapkan pola hidup sehat. pastikan ke 2 bayi Ibu tetap mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 02/08/2012 21:58:59

Saya melahirkan normal pada 02/01/2012, saya menggunakan suntik KB (1blnan) Haid saya tetap keluar sedikit2, lalu saya suntik KB 3 blnan, setelah suntik 2 minggu haid saya juga keluar sedikit2 sudah lebih 2 minggu. Apakah hali ini membahayakan? Saya tidak menyusui lagi karena ASI saya kering pada saat bulan ke 2. Mohon bantuan jawabannya.

Posting pada 01/08/2012 14:06:06

Saya melahirkan normal pada 02/01/2012, saya menggunakan suntik KB (1blnan) Haid saya tetap keluar sedikit2, lalu saya suntik KB 3 blnan, setelah suntik 2 minggu haid saya juga keluar sedikit2 sudah lebih 2 minggu. Apakah hali ini membahayakan? Saya tidak menyusui lagi karena ASI saya kering pada saat bulan ke 2. Mohon bantuan jawabannya.

Posting pada 01/08/2012 14:04:46

Dear bunda Yutti,
Apakah Ibu memberikan ASI secara eksklusif? Jika ya, maka haid tidak akan terjadi karena hormon menyusui akan menekan hormon untuk haid. Selama proses menyusui, KB yang disarankan adalah suntik KB 3 bulanan, pil KB menyusui, spiral/IUD atau kondom.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 30/07/2012 21:49:00

anak kembar saya sekarang usia 8 bulan. setelah melahirkan saya menyusui eksklusif sampai si kembar usia 6 bulan. saya menggunakan KB IUD dan sampai sekarang saya belum mens. apakah ini wajar mengingat si kembar sudah MPASI? Atau saya harus mengkonsumsi obat khusus?
Topic image

Posting pada 30/07/2012 13:19:05

Sejak masa nifas selesai hingga saat ini saya belum haid, anak saya lahir tanggal 18 april. Saya sudah tes pack hasilnya negatif. Saya pergi ke dokter untuk ber KB,dokter memberi saya suntik KB 1 bulan sekali. Hasilnya pun tetap sama, saya belum haid.

Posting pada 28/07/2012 14:15:18

Dear ibu Dia Lidia,

Saat ini Ibu masa berada dalam masa nifas, jadi apa yang terjadi pada Ibu adalah masih dalam batas normal. Melakukan olahraga ringan seperti berjalan pagi akan memperlancar proses pengeluaran darah sisa. KB eksklusif merupakan KB jenis amenore laktasi di mana dengan menyusui eksklusif maka Ibu tidak akan haid sehingga kesuburan akan terganggu. Apabila Ibu ingin menggunakan KB, maka ada 3 pilihan yaitu pil KB laktasi, suntik KB 3 bulanan dan spiral, karena ke 3nya tidak akan mengganggu produksi ASI. Bukan, darah yang keluar adalah bukan darah haid. Perlu diketahui bahwa haid adalah pelepasan lapisan rahim berupa darah dan bekuan darah setiap 21-35 hari sekali, selama 5-7 hari dengan total jumlah darah adalah 50 cc. Gangguan haid dapat berhubungan dengan ketidak-stabilan emosi dan psikis, kelelahan fisik berlebih, ketidak-seimbangan asupan nutrisi, indeks masa tubuh yang lebih atau kurang dari normal, penyakit kronis yang diderita, obat2an yang dikonsumsi dan kelainan pada alat kandungan. Jadi berdasarkan definisi ini, jelas darah yang keluar adalah bukan darah haid.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 12/07/2012 22:43:58

oh iya dok sebagai tambahan karena baby saya suka kurang kalau hanya saya ksih asi jd saya kasih dia susu bantu tambahan, paling banyak 3- 4 botol 1 hari 60ml tiap kali buat.
thks

Posting pada 09/07/2012 11:51:20

Dok saya melahirkan tanggal 15 juni 2012 secra SC, dari awal setelah oprasi saya hanya mengeluarkan sedikit sekali darah, akan tetapi sampai skg saya kadang masih mengeluarkan darah yang agak kental tapi hanya sedikit?tanggal 22 juni pada saat saya kontrol jahitan saya di beri obat oleh dokter kandungan saya katanya untuk menghentikan darah tersebut keluar lagi, tapi darah kadang masih suka keluar, sya tidak ke dokter kembali karena sy anggap biasa, apakah hal tersebut normal?saya menyusui pagi siang malam, anak saya suka sekali minum susu jd kadang stelah sy asi masih suka nangis dan kurang pdhal asi sy sudah habis, saya dan suami berencana tidak akan punya anak lagi, jeis kb apa yang sebaiknya saya pakai?dan apakah jika saya berhubungan saat-saat ini saya bisa hamil?apakah darah yang keluar sedikit-sedikit itu darah mens atau bukan?
thks

Posting pada 09/07/2012 11:48:47

Dear ibu Ikhsanti,
Apakah Ibu menyusui secara eksklusif? Dengan terjadinya haid menunjukkan bahwa frekuensi dan intensitas menyusui tidak eksklusif karena bila Ibu menyusui secara eksklusif segera setelah bayi lahir, maka tidak akan terjadi haid (hormon yang mengatur produksi ASI akan menekan hormon yang mengatur siklus haid). Apa yang terjadi pada Ibu adalah proses penyesuaian tubuh terhadap ketidak-seimbangan hormon (bukan karena Ibu tidak cocok dengan pil KB ini). Dengan mengkonsumi pil KB laktasi secara teratur, maka perlahan haid akan berhenti (apalagi Ibu tetap menyusui secara eksklusif). Pastikan Ibu menjaga keseimbangan asupan nutrisi dan teratur mengkonsumsi pil KB ini.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 06/05/2012 15:42:48

dok...saya ibu menyusui dan sedang kb pil laktasi...br kemaren senin 23 april saya mulai kb'nya...sabtunya saya mendapatkan haid..padahal bulan april saya udh haid...sy minum pil itu setiap pg,kmdn trs haid mpe siang...tp npa siang mpe malam haid itu berhenti?yg saya tanyakan kenapa sy bs haid 2 kali dalam 1 bln?apakah ini pengaruh dr pil kb laktasi?ataukah sy tdk cocok menggunakan itu?mohon infonya dok..terima kasih...

Posting pada 30/04/2012 10:09:41

Dear ibu Ikhsanti,

Selama Ibu tidak haid, maka tentunya tidak akan terjadi kehamilan. Dengan menyusui secara eksklusif, maka haid tidak akan terjadi. Bila sudah terlanjur haid, maka sebaiknya Ibu menggunakan KB bila memang ingin menunda kehamilan. Jenis KB yang tidak mengganggu produksi ASI, yaitu pil KB menyusui, suntik 3 bulanan, kondom atau spiral/IUD.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 15/04/2012 21:13:30

dok, saya baru aja melahirkan kemaren tgl 1 Februari 2012..sejak melahirkan dan pemberian asi eksklusif saya belum haid...saya juga belum KB...yang saya tanyakan apabila saya berhubungan badan dengan suami saya,apakah nantinya akan terjadi kehamilan meskipun saya blm haid dan lum KB?kontrasepsi apa yang sebaiknya saya gunakan?mohon penjelasannya dok..trims...

Posting pada 13/04/2012 11:43:58

Dear ibu Sayyid,

Apakah Ibu masih menyusui secara eksklusif atau mulai jarang? Apabila ya, maka apa yang terjadi pada Ibu adalah memang efek dari pil KB laktasi. Pil KB laktasi akan menyebabkan hormon pengatur siklus haid terganggu sehingga siklus haid Ibu akan menjadi tidak teratur dan bahkan dapat tidak haid. Selain pil KB laktasi, maka pilihan lain adalah suntik KB 3 bulanan (memiliki efek yang sama dengan pil KB laktasi) dan spiral (jenis ini tidak menyebabkan gangguan haid, jadi merupakan pilihan yang tepay bila Ibu tetap ingin menyusui dan ingin tetap haid).

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 17/03/2012 21:37:35

Dear ibu Nini Kristina,

Kondom memang merupakan jenis kontrasepsi yang mempunyai angka kegagalan yang cukup tinggi. Menyusui secara eksklusif segera setelah melahirkan sebelum terjadinya haid juga merupakan jenis kontrasepsi yang cukup efektif. Berdasarkan fakta tersebut maka kemungkinan besar hubungan sex yang Ibu lakukan tidak akan menyebabkan kehamilan. Pilihan Ibu memilih KB laktasi sebagai jenis kontrasepsi merupakan pilihan yang bijaksana. Pil KB laktasi akan menyebabkan terganggunya siklus haid, jadi apabila siklus haid Ibu terganggu maka ini adalah efek dari pil KB tersebut (juga akibat dari menyusui secara eksklusif).

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 17/03/2012 21:19:48

dok ...setelah kelahiran anak pertama sya bru haid kembali setelah putra saya berusia 9 bln.stlh mendapatkan haid saya baru melakukan kb.kontrasepsi saya pil kb menyusui setelah minum 8 hari, saya mendapatkan mendapatkan haid kembali(sewaktu minum pil itu habis selesai haid). haid nya agak banyak dan sudah hari ke 9 saya msh dapet haid.apakah ini hal yang alamiah atau saya mmg tidak cocok menggunakan pil kb.mengingat saya msh menyusui,info nya klo kb suntik membuat asi tdk produksi lancar.mhon d jawab ya dok,,,trims

Posting pada 15/03/2012 14:38:47

Pagi dok,sy baru melahirkan 2bln yg lalu.skrg sy asi eks.pada hari ke 51,sy melakukan hub suami istri dg memakai kondom dan saat itu blm kb.karena saya baru melahirkan,saya jd paranoid,khawatir kondomnya bocor.yg mau sy tanyakan,kalo bocor,apa sy bs hamil?sy blm mau hamil lg dok.anak sy yg pertama baru 14bln,yg k2 2bln.skrg sy konsumsi pil kb andalan laktasi.tolong dijawab ya dok.makasih.

Posting pada 14/03/2012 11:53:26

Pagi dok,sy baru melahirkan 2bln yg lalu.skrg sy asi eks.pada hari ke 51,sy melakukan hub suami istri dg memakai kondom dan saat itu blm kb.karena saya baru melahirkan,saya jd paranoid,khawatir kondomnya bocor.yg mau sy tanyakan,kalo bocor,apa sy bs hamil?sy blm mau hamil lg dok.anak sy yg pertama baru 14bln,yg k2 2bln.skrg sy konsumsi pil kb andalan laktasi.tolong dijawab ya dok.makasih.

Posting pada 14/03/2012 11:53:11

Dear bunda Kiandra,

KB laktasi akan memberikan perlindungan lebih baik apabila Ibu menyusui bayi Ibu secara eksklusif yang dilakukan segera setelah bayi dilahirkan tanpa menunggu terjadinya haid. Karena Ibu tidak menyusui secara eksklusif, maka risiko untuk terjadinya kehamilan lebih besar. Apabila Ibu ingin menunda kehamilan berikutnya, sebaiknya Ibu menggunakan KB yang tidak mengganggu proses menyusui (pilihannya adalah kondom, spiral/IUD, pil KB laktasi atau suntik KB 3 bulanan).

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 09/03/2012 13:55:00

dok... saya baru siap melahirkan 2 bulan ini.. saya belum memasang kb hormonal atau alat, soalnya saya menyusui, tp tdk exclusive, soalnya air susu saya sedikit, jadi di bantu dengan susu bantu... saya kb senggama berputus, apakah itu bisa di katakan aman dok? thankz

Posting pada 29/02/2012 11:43:20

Dear ibu Yuli,

Ya, apa yang dikatakan dokter Ibu adalah benar. Spiral sudah diproduksi sesuai dengan ukuran rahim wanita dewasa, silahkan Ibu mencobanya kembali. Banyak jenis spiral yang dijual di pasaran, jadi saya yakin ada jenis yang cocok untuk Ibu.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 23/02/2012 23:42:12

Aq baru aja 2minggu pake kb pil yg andalan laktasi,babyku umur 5bln.
Rencana mau pake IUD,tapi krn blm haid aq coba minum pil saja.
Tp kenapa setelah minum pil aq merasa asiku volumenya agak berkurang y,krn terlihat pada saat memompa asi dikantor. Apakah minum pil berpengaruh pd produksi asi?padahal yg aq minum utk ibu menyusui
Please advise

Posting pada 23/02/2012 19:29:08

assalamualaikum
dlu sya prnh opersi tumor pyudra,sya ingin ikut KB tp dkter sya blg hrz yg ga da hubx dgn hrmonal.kt dkter yg ga hrmnal cma spiral tp mslhx wktu sy mau psng trxta rhim sya kcil shingga tdk bsa juga.mnrt dktr sya hrz gmn?sy tnggu jwbnx y dok.thx

Posting pada 20/02/2012 19:47:02

Dear ibu Dianasusanti,

Menyusui secara eksklusif akan menekan hormon pengatur haid sehingga haid akan terhenti. Apabila Ibu tidak menyusui secara eksklusif maka hormon pengatur haid tidak akan sepenuhnya tertekan sehingga haid akan terjadi tetapi siklusnya tidak teratur. Jadi apa yang terjadi pada Ibu adalah normal. Apa yang disarankan oleh dokter Ibu adalah salah satu pilihan KB di mana pil KB menyusui memang akan menekan hormon pengatur haid sehingga siklus haid akan tergangu atau bahkan terhenti. Apabila Ibu ingin tetap haid dan berKB, pilihannya adalah IUD (spiral) karena baik pil KB menyusui dan IUD tidak akan mengganggu produksi ASI.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 19/02/2012 10:54:14

ias
saya memakai kb 3 bulanan mulai november 2011,tp sejak pemakaian sampai sekarang (lebih dari 4 bln sejak penyuntikan) saya selalu mengalami haid. apakah itu normal dok?tau tu tandanya klu sy tdk cocok kb 3 blnan?anak sy skrg brumur 17bln dan msh asi.thanks dok....

Posting pada 17/02/2012 23:42:20

Dok, sy ibu dr 1 org anak usia 7bln (msh asi tdk exclusive),haid sy tdk teratur (1bln 2x haid (1x haid 7hr)) biasanya 1-2hr stlh berhubungan sy bs haid lg. stlh sy konsultasi dokter menyarankan agar sy menggunakan KB pil menyusui, tnyata haid sy semakin tdk teratur (15hr), yg akan sy tanyakan apakah wajar keadaan spt ini?kl wajar, kpn haid sy berhenti & kpn haid sy akan teratur?atau sy mengganti KB lain agar haid sy teratur??
terimakasih

Posting pada 15/02/2012 11:15:10

Dear ibu Juliana,

Pilihan jenis KB tergantung berapa lama Ibu berencana menunda kehamilan karena ada jenis KB yang akan tetap menyebabkan terganggunya kesuburan dalam jangka lama wakaupun jenis KB tersebut sudah dihentikan. Pilihan pil KB kombinasi merupakan pilihan yang cocok untuk menunda kehamilan karena kesuburan Ibu akan segera kembali setelah Ibu menghentikan jenis KB ini.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 05/02/2012 00:39:35

Dear ibu Hafsari,

Suntik KB 3 bulanan dan pil KB menyusui memang akan menyebabkan gangguan siklus haid, sampai dengan berhentinya siklus haid. Menyusui secara eksklusif juga akan menyebabkan hal yang sama. Jadi selama Ibu menyusui secara eksklusif dan menggunakan KB suntik 3 bulanan atau pil KB menyusui maka siklsu haid Ibu akan tetap terganggu.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 03/02/2012 13:49:54

Dear ibu g33chan,
Setiap KB mempunyai risiko kegagalan, jadi kemungkinan terjadinya kehamilan tetap ada walaupun angka kegagalannya bervariasi.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 03/02/2012 13:49:04

Dear ibu Rina,

Suntik KB 3 bulanan memang akan menyebabkan gangguan siklus haid, sampai dengan berhentinya siklus haid. Menyusui secara eksklusif juga akan menyebabkan hal yang sama. Jadi selama Ibu menyusui secara eksklusif dan menggunakan KB suntik 3 bulanan maka siklsu haid Ibu akan tetap terganggu.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 03/02/2012 13:45:15

dok, saya bru saja menikah tetapi saya mau menunda kehamilan saya. sebaiknya saya menggunakan kb yg mana yah? tapi sudah 3 bulan ini saya mnum pil kb.

Posting pada 02/02/2012 10:34:57

dok, mau nanya..
saya dulu melahirkan anak pertama melalui sc pd februari 2011. trus nifas sampai maret pertengahan . April 2011 saya dapat mens. trus mulai bulan mei 2011, saya menggunakan kontrasepsi pil kb utk ibu menyusui (isi 28 hari). Yang saya tanyakan, kenapa sejak saya minum pil kb tsb, saya belum dapat mens/ haid lagi ya dok?
apakah itu pertanda tidak normal?

mohon bantuan penjelasannya.

Posting pada 31/01/2012 15:37:45

Dear Moderator,

kira" klo pake KB ada g sih kemungkinan untuk hamil?

Posting pada 31/01/2012 14:58:59

dok umur saya 22th sehabis melahirkan anak pertama saya KB 3 Bulan, ,tapi haid saya sampai 1bulan lebih masih bercak - bercak. .itu kenapa ya Dok. ?mohon informasinya. .
Terima Kasih. .

Posting pada 30/01/2012 22:59:22

Dear ibu Meliawati,

Apakah ibu menyusui secara eksklusif? Sebab dengan menyusui eksklusif, maka siklus haid akan terganggu bahkan menjadi tidak haid sama sekali. Apabila Ibu tidak menyusui secara eksklusif, maka siklus haid akan kembali normal lebih cepat.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 12/01/2012 16:53:57

Dok umur saya 24 th setelah melahirkan bln Oktober kmrin sy blm dtg menstruasi,apakah pengaruh karna sy menyusui?

Posting pada 11/01/2012 14:14:24

Dear ibu habiswirma,

Apa yang terjadi pada Ibu adalah normal, di mana karena menyusui secara eksklusif maka haid tidak terjadi. Pilihan KB untuk Ibu adalah suntik KB 3 bulanan atau pil KB menyusui atau spiral atau kondom, di mana jenis KB ini tidak akan mengganggu produksi ASI. Tidak ada keharusan untuk menunggu haid untuk memulai salah satu jenis KB yang telah saya sebutkan, jadi silahkan Ibu mendiskusikannya dengan suami Ibu untuk memilih jenis KB yang diinginkan.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 06/01/2012 00:15:48

Dear ibu Sanie,

Ya, dengan memberikan ASI eksklusif sejak awal tanpa didahului oleh haid, maka tidak akan terjadi haid karena efek hormon menyusui akan menekan kerja hormon pengatur haid. Jadi apa yang terjadi pada Ibu adalah normal.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 01/01/2012 19:11:12

saat ini ank sy usianya mau 7bln,sy menyusui exclusive smp 6bln, saat ini saya blm pasang kb soalny dr masa nifas smp sekarang blm menstruasi, kondisi saya sehat2 aj cma setiap kali mau kb dokter sering menyarankan biar mens dl baru kb..
apakah kondisi saya bormal?trs kb yg baik untuk sy ap y??

Posting pada 31/12/2011 09:56:36

mau tanya dok,2 bulan setelah kelahiran anak saya,saya pasang KB yang coper T,saya menyusui full sampai anak 6 bulan,setelah itu hanya malam saja,tapi sampai usia anak saya sekarang 8 bulan, saya belum juga mendapat haid, pakah itu normal?
Terima kasih sebelumnya...

Posting pada 30/12/2011 16:43:11

Dear ibu dyah,

Apa yang Ibu keluhan ada efek normal dari pemasangan KB spiral. Efek ini terjadi karena rahim menyesuaikan diri terhadap adanya spiral di dalamnya dan ini akan berlangsung kira2 sampai 3 siklus haid ke depan. Setelahnya, maka siklus haid Ibu akan kembali normal. Saran saya selaama proses penyesuaian ini berlangsung, Ibu bisa mengkonsumsi asam mefenamat 3 kali 500 mg per hari (maaf saya tidak bisa menyebutkan merek dagangnya karena alasan etik) selama masa haid. Obat ini akan membantu mengurangi keluhan tersebut.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 26/12/2011 12:29:50

Dear ibu g33chan,

Ya, menyusui secara eksklusif dan KB suntik 3 bulanan akan menyebabkan siklus haid Ibu menjadi tidak teratur dan perlahan akan berhenti, ini disebabkan karena ke 2nya menekan hormon pengatur siklus haid. Jadi apa yang terajadi pada Ibu adalah normal dan tidak ada yang perlu dikuatirkan.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 26/12/2011 12:28:35

ibu Nurza,

Ya, menyusui secara eksklusif dan KB suntik 3 bulanan akan menyebabkan siklus haid Ibu menjadi tidak teratur dan perlahan akan berhenti, ini disebabkan karena ke 2nya menekan hormon pengatur siklus haid. Jadi apa yang terajadi pada Ibu adalah normal dan tidak ada yang perlu dikuatirkan.

salam,

dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 26/12/2011 12:27:20

setelah anak pertama saya lahir, saya mencoba untuk pasang KB spiral. tapi setelah itu saya sering sekali keluar vlek atau haid dg siklus yg agak lama. akhirnya saya lepas dan ganti dg KB suntik.
sekarang saya sudah punya anak kedua, apa nanti kl saya pasang KB spiral lg akan sama efeknya dg yg dulu ya??
mohon advice nya, terima kasih.

Posting pada 22/12/2011 18:29:10

M
Saya ibu berumur 29 tahun dari sikecil yg berumur 9 bln, kbtln mengikuti program KB suntik 3 bln dah 3x ini untuk suntikan 1 dan 2 saya jarang haid, tp suntikan yag ke 3 hampir tiap bln haid sampai 17 hari blm 10 hari dah haid lg trus yang terakhir dah haid 17 hari bersih 2 hari trus berhubungan ngluarin darah trus selang 3 hari berhubungan ngluarin darah lagi sampai 3x trus 3 g berhubungan masih keluar darah haid yang lumayan banyak. Yang ingin saya tanyakan apakah faktor berdarah sya yg hbs berhubungan itu faktor KB? soale yg sy takuti kankers serviks.
Terima kasih

Posting pada 21/12/2011 15:28:13

Saya pakai KB suntik 3 bulan, KB pertama tanggal 21 agustus 2011,saya haid selama 2 minggu. KB kedua bulan November dan itu tidak haid. (info: anak saya masih ASI)
Apakah benar klo KB itu sampe bisa tidak haid?

Posting pada 20/12/2011 14:52:45

saya baru melahirkan 6bln yang lalu dan menyusui, saya ikut KB suntik 3bln. Juli saya suntik KB 3bln pertama dan mens bln Agustus 15hari lebih. Oktober suntik 3bln kedua mensnya ga teratur cuma keluar darah coklat muda itupun cm 1 tetes. apakah itu bisa dikatakan normal?

Posting pada 20/12/2011 10:58:09

saya sdh 3bln ini blm haid,satu mggu ini kb pil,di cek hasilnya negatif...apa nunggu sampek pilnya hbs dulu baru di cek lg...trims jawabannya..

Posting pada 06/12/2011 16:25:27

Dear ibu Sri,
KB tidak akan menyebabkan kegemukan, tetapi memang akan mempunyai efek menahan cairan tubuh (hal ini bisa diatasi dengan berolahraga secara teratur). Jadi pada prinsipnya bukan KB yang menyebabkan penimbunan lemak tubuh. Pemilihan jenis KB adalah berdasarkan hasil diskusi antara Ibu, suami Ibu dan bidan atau dokter Ibu, karena setiap KB mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga cocok atau idaknya adalah tergantung masing2 wanita.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 04/12/2011 13:17:48

dear umi gaza,
Ya, senggama terputus dan vasektomi. Senggama terputus mempunyai angka kegagaglan yang cukup tinggi. Vasektomi diperuntukkan untuk pasangan yang sudah tidak menginginkan anak lagi.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 04/12/2011 02:39:39

dear momy kinan,
KB suntik 3 bulanan memang akan menyebabkan gangguan siklus haid, berupa siklus haid yang tidak teratur sampai dengan tidak terjadinya haid. Apa yang terjadi pada Ibu adalah normal karena saat ini tubuh Ibu sedang beradaptasi terhadap efek KB suntik tersebut. Perlahan makan siklus haid Ibu akan berhenti. Pusing yang terjadi adalah karena flek yang berkepanjangan, dengan berhentinya haid maka keluhan akan hilang. Saya tidak bisa menjawab jenis KB mana yang cocok untuk Ibu karena ini bersifat individu dan berbeda antara setiap wanita, sehingga ini tergantung dari hasil diskusi Ibu, suami Ibu dan bidan atau dokter Ibu.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 04/12/2011 02:38:45

tanya dok...setelah anak pertama lahir saya langsung KB suntik dan baru berhenti untuk program anak yg kedua, setelah anak yg kedua lahir saya juga KB suntik karena saya coba pil tidak bisa timbul efek pusing, anak pertama saya sudah berumur 11,5 th dan yg kedua 3,10 th, yg jadi masalah adalah saya terus bertambah berat badannya/gemuk, t=155cm bb=67, pertanyaan saya : ada gk alat kontrasepsi yg tidak membuat badan gemuk, minimal tidak bertambah lagi, terima kasih sebelumnya.

Posting pada 01/12/2011 17:07:03

mau bertanya dok, apakah ada alat kontrasepsi u suami selain kondom?

Posting pada 30/11/2011 15:23:10

dok,mulai mei 2011 ini saya kb suntik 3 bulan.tapi sejak kb itu saya mengalami flek yang berkepanjangan.paling berhenti 1minggu terus flek lagi 3 minggu.selama flek itu juga kepala pusing banget.akhirnya sudah 1 bulan ini saya lepas kb.sebaiknya kb apa yang cocok buat saya ya.oya anak saya sekarang umur 21 bulan dan masih ASI juga.

Posting pada 30/11/2011 11:59:51

Dear ibu ayu,
Ada 3 pilihan KB untuk menyusui, yaitu (1) kondom, (2) spiral/IUD, dan (3) KB hormon (suntik 3 bulanan atau pil KB menyusui). Pada prinsipnya, untuk menemukan jenis KB yg sesuai untuk ibu & suami adalah berdasarkan hasil diskusi tatap muka antara akseptor dan petugas kesehatan, jadi sebaiknya Ibu silahkan menghubungi bidan atau dokter kandungan Ibu.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 23/11/2011 00:23:30

salam ibu,saya mau tanya sampai sekarang saya itu belum pakai KB padahal anak saya sudah satu tahun masih asi,saya pengen pakai KB Pil yang bagus apa ya dok dan juga tidak mempengaruhi produksi asi saya,jujur saya mau pakai spiral takut bgt.

Posting pada 22/11/2011 12:41:40

dear ibu ummu kanza,
Seperti yg sudah saya katakan sebelumnya, jika ibu meyusui secara eksklusif maka hormon yang memproduksi ASI akan menekan hormon yang mengatur siklus haid. Jadi jika nanti Ibu sudah tidak menyusui secara eksklusif, maka haid akan terjadi. Dengan adanya haid, maka produksi ASI secara otomatis akan menurun.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 09/11/2011 02:15:21

tanya lagi dong dok...
kalau sampai hari ini saya belum haid juga (udah hampir 5bln)apa itu normal? takutnya hamil lagi tp udah ditest pack hasilnya negatif!
sebagai pengingat say pakai KB IUD Coper T dari tgl 10 mei 2011

terima kasih

Posting pada 08/11/2011 17:56:04

Dear ummu kanza,
Ini adalah normal karena hormon yang memproduksi ASI akan menekan hormon yang mengatur siklus haid, silahkan saja Ibu melanjutkan menyusui. Perdarahan awal yang terjadi setelah pemasangan IUD adalah merupakan proses adaptasi rahim terhadap IUD tersebut, jadi ini adalah normal. Apabila Ibu ingin mengganti KB, sebaiknya pil khusus menyusui atau KB suntik 3 bulanan (karena ke 2nya tidak mengganggu hormon yang memproduksi ASI).

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 08/11/2011 15:09:47

Dear ibu Icha,
Pemasangan spiral bisa kapan saja bu. Pemilihan saat haid bertujuan untuk mempermudah proses pemasangan dan mengurangi rasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman bisa diatasi dengan obat anti nyeri. Jadi silahkan saja Ibu memilih jenis KB ini.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 07/11/2011 22:20:42

Dear ibu irena,
Apakah Ibu menyusui? Apakah Ibu menggunakan pil KB menyusui atau suntik KB 3 bulanan? Apabila jawaban ke 3nya adalah ya, maka siklus haid Ibu akan tidak teratur karena efek ke 3 hal tersebut akan menekan fungsi hormon pengatur siklus haid. Jadi ini adalah normal.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 07/11/2011 14:06:32

dok,sy br melahirkan 2 bln yg lalu dan skrg masih menyusui.saya dan suami brencana kb spiral.tp smpai skrg sy blm menstruasi.
apakah pemasangan kb spiral hrs menunggu smpai mens??klo gak mens dipasang spiral sakit apa gak ya dok??
tlg dibantu ya dok,,,
Makasih,,,,

salam hangat,
mama raffa
Topic image

Posting pada 06/11/2011 20:09:46

dok mohon dibantu ya....
saya berusia 27thn,pada 4 maret 2011 saya melahirkan anak pertama melalui proses SC, tanggal 10 mei 2011 saya pasang KB IUD Coper T setelah sebelumnya sempat haid 5 hari, setelah pasang ada darah sekitar 1 minggu kemudian ga berdarah sekitar 2 minggu setelah itu berdarah lagi sekitar 3 minggu terus2an tapi sedikit2, semenjak itu sampai hari ini saya belum haid (sudah hampir 5bln), apakah itu normal? kalau saya ganti KB bagusnya pakai apa ya? kondisi saya menyusui secara eksklusif dan BB saya hanya 39kg
terima kasih saya tunggu bantuannya dok

Posting pada 06/11/2011 15:32:15

Dear ibu metal_vs4,
KB suntik akan menyebabkan gangguan siklus haid karena zat aktif yang dikandungnya akan menekan hormon pengatur siklus haid, jadi apa yang Ibu alami adalah normal (terlebih ada fase di mana Ibu 2 kali mengganti jenis KB dalam waktu singkat). Saat ini yang bisa Ibu lakukan adalah melanjutkan menggunakan suntik 1 bulanan atau pil KB kombinasi. Perlahan maka siklus haid Ibu akan kembali teratur.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 05/11/2011 21:51:08

Dok, saya usia 24 thn,bunda dr 2 org anak..ank bungsu saya saat ini berumur 11bln,pada proses kelahiran anak ke 2 saya secar..saya mau tanya dok, knapa y siklus haid saya tidak lancar..?sudah di test pake testpack hsl ny negatif..apa penyebab ny ya dokter?mohon info ny..trimaksih dokter.. :)

Posting pada 05/11/2011 11:29:08

aq kb suntik 3 bln sebyk 2 kali....
kemudian diganti yang 1 bln...awalnya mens...sdh 6 kali ....tp ga mens. diganti pil kb 2 bln msh blm mens jg
sekarang aq dah lepas kb 3 minggu ga mens jg......
jd aq hrs bagaimana yach dok.....
soalnya klo ga mens badanku pada sakit....
dan gmana caranya untuk menunda kehamilan
sebaiknya kb apa yang harus aq pakai....
anak q baru 1 thn 7 bln.....

salam
vera

Posting pada 04/11/2011 17:45:59

dear ibu Teti,
Ada 2 jenis pil KB, yang tunggal dan kombinasi. Cara kerja pil KB adalah mengganggu keseimbangan hormon yang ada, sehingga tentunya akan menyebabkan gangguan siklus haid. Jadi apa yang terjadi pada Ibu adalah normal. Pada jenis pil KB tinggal, maka memang akan ditemukan gangguan siklus haid (jenis ini biasanya diberikan pada ibu menyusui).

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 03/11/2011 17:04:59

Dear ibu metal_vs4,
Berapa lama Ibu menggunakan KB suntik 3 bulanan? KB suntik 3 bulanan memang akan menyebabkan tidak terjadinya haid karena efek zat aktif yang dikandungnya. Kembalinya siklus haid yang normal bissa bervariasi, mulai dari 6 bulan - 18 bulan setelah suntikan terakhir. Jadi saat ini tidak ada hal khusus yang perlu Ibu lakukan. Dengan makin habisnya zat aktif yang masih tersisa di tubuh Ibu, maka perlahan siklus haid akan kembali normal.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 03/11/2011 17:02:46

aq suntik 3 bln petama memang awalnya mens,,,,
stelah 2 kali aq suntik....aq ganti yang 1 bln awalnya memang mens tp dah 5 bln...ga mens jg...sampe aq ganti ke pil sudah 2 bln masih ga mens jg....smpe aq ga kb sampe 2 minggu ini msh ga mens jg........share donk bu?

Posting pada 01/11/2011 14:54:38

Dear ibu Mailia,
Untuk menjawab pertanyaan Ibu, saya tidak bisa menjawabnya di rubrik ini karena terlalu panjang. Pada prinsipnya, setiap jenis KB mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pemilihan jenis KB adalah sesuai kebutuhan pasangan suami istri, ajdi akan berbeda antar pasangan. Pada prinsipnya, Ibu bisa menemukan jenis KB yang sesuai dengan kebutuhan Ibu dan suami Ibu (silahkan menghubungi bidan atau doketr kandungan Ibu karena pemilihan KB adalah berdasarkan hasil diskusi tatap muka antara akseptor dan petugas kesehatan). Efek gemuk adalah karena retensi cairan, jadi dengan olah raga teratur maka hal ini tidak akan terjadi.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 01/11/2011 00:26:09

saya tidak menyusai mulai habis hari raya sebab anakx udah g mw.....
dok, saya mw tnya saya pakai suntik 3 bulanan tapi belum haid mulai Agustus sampai sekarang????normal g?????/apa yg harus saya lakukan ?????/

Posting pada 31/10/2011 19:23:35

dok,saya pake pil kb tapi haidnya kok sedikit banget gak banyak seperti sebelum kb?? itu normal gak dok??

Posting pada 29/10/2011 15:10:21

Dokter...,
apa sih alat kontrasepsi yg baik N bgs? trs g bikin gemuk tp mlh bikin langsing. thx

Posting pada 29/10/2011 11:54:27

Dear ibu g33chan,
Dengan memberikan ASI secara eksklusif dan menggunakan KB suntik 3 bulanan, maka siklus haid memang akan terganggu dan pada akhirnya akan berhenti karena efek hormon menyusui dan efek KB tersebut. Saran saya dalah tetanp memberikan ASI secara eksklusif dan tidak terlambat untuk suntik KB Jangan lupa untuk menjaga keseimbangan nutrisi sesuai kebutuhan ssat menyusui untuk kepentingan proses menyusui dan penymbuhan.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 13/10/2011 13:05:33

dear mama zefa,
Apakah Ibu menyusui secara eksklusif sejak pasca melahirkan? Apakah Ibu sudah pernah mendapatkan haid setelah melahirkan? Apabila Ibu menyusui secara eksklusif sejak awal, maka siklus haid akan terhenti karena efek penekanan terhadap hormon pengatur haid oleh hormon produksi ASI. Apabila Ibu tidak menyusui secara eksklusif, tentu saja Ibu akan mengalami bercak atau bahkan perdarahan prvaginam yang tidak teratur. Pilihan KB selain spiral adalah pil KB atau suntik KB yang memang diperuntukkan untuk masa menyusui. Kondom juga merupakan salah satu pilihan.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 12/10/2011 12:27:01

umur bayi saya jalan 4bulan saya menggunakan suntik kb yg 3 bulan. tgl 21 agustus 2011 suntik, awal september haid saya banyak dan terjadi selama 2 minggu. apakah siklus haid ini akan terus terjdi setiap bulannya?

Posting pada 11/10/2011 12:31:03

saya melahirkan caesar, setelah 8 bln saya mengalami haid, banyak sekali, padahal biasanya tidak, bulan berikutnya saya mengalami haid tapi hanya bercak-bercak darah, tidak sebanyak sbelumnya... itu normal gak ya? KB apa yang tepat untuk saya, posisi skg masih menyusui...(selain spiral, soalnya saya takut dan trauma), saran ya bun? trims

Posting pada 10/10/2011 15:37:07

Dear ibu ayu,
Efek dari menyusui dan KB suntik 3 bulanan adalah tidak terjadinya haid, jadi apa yang terjadii pada Ibu adalah normal. Apabila ditemukan adanya flek, ini menunjukkan bahwa hormon pengatur haid sudah mulai bekerja. Pastikan Ibu tidak terlambat untuk mendapatkan suntikan dan tetap menyusui sampai anak Ibu berusia 2 tahun. ASI yang berkurang bisa disebabkan karena asupan nutrisi Ibu kurang atau hormon pengatur produksi ASI berkurang karena Ibu lebih jarang menyusui dibandingkan dulu. Jadi saat ini penting untuk memperhatikan asupan nutrisi sesuai kebutuhan masa menyusui.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 07/10/2011 16:42:38

saya 26th, anak saya 11bln.. saya blm haid stlh masa nifas, dr awal pk KB suntik 3bln tp akhir2 ini muncul flek atau bercak darah sdikit, kadang ada kadang ga ada.. apa ini tanda tdk cocok n berbahayakah? ASI saya sudah berkurang jg.. mohon sarannya.. thx

Posting pada 06/10/2011 11:30:48

Dear ibu sisilia,
Apabila Ibu menyusui secara eksklusif sejak awal, maka haid memang tidak akan terjadi karena hormon untuk menyusui akan menekan hormon pengatur siklus haid. Jenis suntik KB apa yang Ibu gunakan? Apabila jenis suntik KB 3 bulanan, maka silus haid memang akan ditekan oleh obat KB ini. Apabila suntik KB 1 bulanan, maka siklus haid yang belum terjadi masih merupakan efek dari menyusui.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 03/10/2011 16:48:58

saya 23thn, anak saya sdh 14bln, ttp hingga saat ini saya blm menstruasi(setelah masa nifas). Bulan april 2011 KB Suntik saya sudah selasai dan belum KB lg. apa penyebab saya tidak haid, dan berbahayakah?trims

Posting pada 30/09/2011 14:08:16

anak saya sudah 14bln, ttp hingga saat ini saya blm menstruasi(setelah masa nifas). bln april 2011 KB suntik saya sudah selesai dan saat ini tidak KB. apa penyebab saya tidak haid?dan apakah berbahaya?trimakasih

Posting pada 30/09/2011 13:57:17

Dear ibu diajeng_dewie,
Maksud Ibu KB suntik 1 bulanan dan 3 bulanan? KB suntik 1 bulanan tidak akan mengganggu siklus haid tetapi menekan produksi ASI. KB suntik 3 bulanan menyebabkan gangguan siklus haid (bahkan sampai tidak haid) tetapi tidak menekan produksi ASI. Suntik KB akan menyebabkan retensi cairan dan ini yang biasanya dikeluhkan sebagai peningkatan berat badan, tetapi dengan olah raga teratur maka hal ini tidak akan terjadi.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 29/09/2011 19:48:13

Dear ibu luckyimaniar,
Mungkin yang dimaksudkan oleh dokter Ibu adalah KB untuk masa menyusui karena dengan IUD maka produksi ASI tidak akan terganggu. Pilihan lain untuk masa menyusui adalah kondom, pil KB menyusui atau suntik KB 3 bulanan. Apakah setelah melahirkan Ibu sudah haid? Apakah Ibu menyusui secara eksklusif? Apabila Ibu tidak menyusui secara eksklusif, maka apa yang terjadi pada Ibu adalah perdarahan akibat ketidak seimbangan hormon. saran saya adalah apabila Ibu memang tidak menyusui secara eksklusif, maka Ibu tidak perlu melanjutkan obat yang diebrikan dan biarkan perdarahan tersebut karena akan berhenti dengan sendirinya seiring dengan makin seimbangnya hormon Ibu.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 27/09/2011 15:07:27

dok apa yg membedakan KB suntik yg 1 cc dan 3 cc? bagus yg mana? kalau KB suntik 1 bulan pake 0,5 cc itu bisa bikin gemuk ga? makasih...

Posting pada 25/09/2011 22:50:57

dear ibu Wyta,
Dengan menyusui secara eksklusif, maka hormon pengatur siklus haid akan tertekan sehingga Ibu tidak akan haid. Sebaliknya apabila Ibu tidak menyusui secara eksklusif, maka siklus haid tetap ada tetapi tidak teratur atau dengan jumlah yang sedikit. Saran saya apabila Ibu dan suami memang ingin menunda kehamilan berikutnya, maka gunakan KB yang tidak mengganggu produksi ASI, yaitu pil KB menyusui, suntik 3 bulanan, kondom atau spiral/IUD. Pemakaian KB tidak perlu menunggu haid, jadi silajkan saja Ibu menggunakan KB.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 25/09/2011 22:21:26

mau tanya donk, sy kebingungan nih, tgl 28 juli 2011 sy melahirkan secar, nah stelah nifas tepatnya tg 12 september 2011 sy pasang KB IUD coper T, kt dokter sy KB yg pas untuk SC adalah KB IUD, apa bener itu dok? trus setelah pemakaian IUD slama 4 hr keluar darah yg banyak, trs sy tnya dokter sy disuruh minum norelut 2x1, hasilnya darahnya berhenti bgt,paling cm lendir coklat aja,tp stelah obatnya habis keluar darah lg dgn jumlah sgt banyak,,trs perutnya mules ky Mens gt, n kadang d perut sy kya ada yg nusuk d kanan kirinya gt, prtanyaan sy, apa wajar ya keluar darah yg banyak slama hampir 2 minggu, n ini kira2 sampai brp lama kluar darahnya ya?? sy bner2 bingung n takut,, trs darah yg kluar darah spoting apa darah Mens ya?? duh mohon jwbnya ya.. mksi sblmnya,,,

Posting pada 24/09/2011 21:20:38

sy sekarang pakai spiral, Puji Tuhan sampai hari ini, baik2 saja. tetapi memang harus tetap kontrol ke dokter untuk memastikan posisinya, kotrolnya juga 6 bulan s/d 1 thn sekali. Berat badan juga tidak bertambah masih dalam batas normat.

Posting pada 23/09/2011 13:52:20

Dok, saya baru melahirkan bayi kembar saya 25 juni 2011 (3 bln lalu), tp sampai skrg saya blm haid. Saya takut klo samapai hamil lg sementara info yg saya dapat pemakaian kontrasepsi sebaiknya stlh dapat haid.
Sementara saya jg takut klo tidak pakai kontrasepsi. Mohon sarannya ya Dok
makasih.....
Topic image

Posting pada 23/09/2011 12:06:33

Dear ibu Iis Fatma,
Tujuan dari penggunaan suntikan KB 3 bulanan adalah untuk menekan pertumbuhan endometriosis yang masih ada. Dengan masih terdapatnya bercak atau perdarahan menunjukkan bahwa suntikan KB tersebut masih belum bekerja dengan optimal. Saat ini harus ditentukan dulu apakah rencana ke depannya. Apabila tujuannya adalah untuk ber-KB, maka sebaiknya memang didiskusikan kembali dengan dokter ZIbu karena penggunaan KB suntik 3 bulanan tidak menyebabkan bercak atau perdarahan (karena zat aktif yang terkandung bertujuan untuk menekan pertumbuhan lapisan rahim). Apabila tujuannya adalah menatalaksanan endometriosis, maka ada pilihan obat lain yang lebih efektif. Sayangnya obat ini relatif lebih mahal dibandingkan suntik KB 3 bulanan. Jadi saran saya adalah diskusikan kembali dengan dokter Ibu apa rencana ke depannya.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 15/09/2011 12:00:34

sy memiliki endometriosis cukup banyak. januari sudah diangkat bersamaan dg operasi cesar anak pertama. sy dianjurkan suntik KB 3 bulan supaya tidak menstruasi. tetapi setiap bulan sy haid, hanya bercak-bercak, tetapi berlangsung dalam waktu lama. bulan ini bercak-bercak sy malah sudah berlangsung tiga minggu.. apakah sy harus mengganti jenis alat kontrasepsi?

Posting pada 11/09/2011 22:21:46

Dear ibu yatimah,
Bagaimana siklus haid Ibu selama ini? Apakah Ibu menyusui? Jenis KB suntik mana yang Ibu gunakan? Pada KB suntik 1 bulanan, maka siklus haid tidak akan terganggu. Pada KB suntik 3 bulanan, maka siklus haid akan terganggu bahkan tidak terjadi. Jadi saat ini tergantung jenis KB suntik mana yang Ibu gunakan. Minuman pelancar haid tidak akan membantu kalau memang Ibu menggunakan KB suntik 3 bulanan.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 19/08/2011 23:47:20

saya sudah menggunakan KB suntik 4bl. namun bulan ini saya belum haid sudah hampir 3minggu. saya hanya flek itupun hanya 1 hari, besoknya sudah bersih kembali. apakah ini normal? bolehkah saya minum minuman pelancar haid? mohon sarannya. thanks

Posting pada 16/08/2011 16:50:09

Dear ibu Awaliya,
KB suntik akan menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon pengatur haid, sehingga haid akan menjadi tidak teratur. Jadi apa yang terjadi pada Ibu adalah normal. Cocok atau tidak cocok adalh berdasarkan banyaknya keluhan yang timbul setelah pemakaiannya. Saat ini, apa yang terjadi pada Ibu adalah akibat dari efek kandungan yang ada di dalam obat suntik tersebut.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 24/07/2011 23:12:00

Saya baru 2 kali suntik KB 1 bulan,waktu suntik pertama darah haid lancar dan banyak,tapi ketika suntik yang kedua ko jadi sedikit-sedikit sekali. Mengapa itu dok?Bagaimana membedakan suntik KB itu cocok atau tidak cocok?
Terima kasih sebelumnya...

Posting pada 23/07/2011 21:29:48

Mo ikutan sharing nih..ibu2
Saya dulu juga melahirkan caesar karna hipertensi, 2 bulan stlh melahirkan dapat haid abis itu saya langsung pake KB suntik 1 bln untuk ibu menyusui tapi kok jantung saya sering berdebar2 dan bawaannya lapeeer terus abis bulan ke 3 baru saya pasang KB spiral sesuai dengan anjuran bidan karna ga mempengaruhi hormon,tuk jangka panjang karna khan abis caesar di anjurkan tuk tidak hamil dulu min 2 thn..ampe skrng udah 1 thn aman2 aja tuh cuma kadang-kadang ada nyeri dikit di area panggul

Posting pada 22/07/2011 16:34:28

saya melahirkan secara caesar, setelah masa nifas selesai seminggu kemudian saya langsung dapat haid dan saat itu saya langsung memutuskan memakai IUD yang jangka waktu pemakaiannya 8tahun. Alhamdulillah sampai sekarang anak saya berumur 2tahun tidak dirasakan hambatan yang berarti dalam pemakain IUD ini. Hanya pada awal2 pemakaiannya saja darah yang keluar saat haid sangat banyak sampai 2minggu. Namun seiring berjalannya waktu hal itu tidak terjadi lagi.

Posting pada 10/07/2011 21:32:29

Dear ibu kivo,
Jenis persalinan tidak mempengaruhi jenis KB. Jenis KB dipilih berdasarkan hasil diskusi antara Ibu, suami Ibu dan bidan/dokter Ibu. Jadi saran saya sebaiknya Ibu dan suami Ibu mendiskusikannya dengan bidan/dokter Ibu.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 10/07/2011 10:28:40

kb yang sesuai untuk wanita yg melahirkan secara caesar...apa ya...saat ini saya menggunakan kb suntik 1 bln..trm ksh

Posting pada 08/07/2011 14:33:51

Dear ibu Kairos_Winda,
Cara sederhana adalah dengan mengisinya dengan air, tetapi ini berarti sesudahnya kondom tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 24/06/2011 15:56:47

bagaimana cara melakukan tes pada kondom sebelum menggunakannya agar dapat diketahui sebelumnya bahwa kondom tsb bocor?

Posting pada 23/06/2011 10:33:15

Dear ibu Wita,
Bagaimana sifat nyerinya? Apakah terjadi terus menerus? Apakah terjadi hilang timbul? Apakah disertai nyeri BAK atau BAB? Apakah jumlah darah pada saat haid makin banyak? Bisa jadi apa yang terjadi pada Ibu adalah proses adaptasi rahim setelah proses pemasangan spiral. Saran saya adalah mengkonsumsi obat anti nyeri yang dijual bebas di pasaran. Apabila keluhan tetap berlanjut, sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke bidan atau dokter yang memasang spiral tersebut.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 19/06/2011 15:58:24

Dear mama fayza,
Pil KB yang saat ini Ibu konsumsi memang akan mempengaruhi produksi ASI, jadi sebaiknya Ibu kembali ke pil KB khusus saat menyusui. Peningkatan berat badan yang terjadi tidak disebabkan oelh pil KB tersebut, jadi Ibu tidak perlu takut. Saran saya adalah Ibu memperhatikan keseimbangan kalori yang masuk dan kalori yang dibakar, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak berlebih di tubuh. Silahkan membaca ulasan tim kami tentang asupan gizi seimbang di website kami.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

salam,

Posting pada 19/06/2011 15:57:41

gimana kalo d pasang di rahim/akdr kira2 bgus ga ya bun..?

Posting pada 19/06/2011 03:29:34

gimana kalo d pasang di rahim/akdr kira2 bgus ga ya bun..?

Posting pada 19/06/2011 03:28:55

tanya dok,,sy sdh 2 bln pke KB spiral,,tp koqdbawah perut sering nyeri dan sakit pinggang,,kdg jg ada darah flek,,klo mens bs sampai 2 minggu pdhl biasanya sy cm 7 hr,,,gimana itu y dok???mohon jawabanny,,makasih sblumny dok...

Posting pada 17/06/2011 11:26:34

skrg bayi sy berumur 8 bln, sbelumnya sy pakai Pil KB untuk menyusui, tp badan sy jd gemuk banget.krn itu sejak sebulan yg lalu sy memakai pil KB Yasmin. tp ternyata produksi ASI sy jd berkurang banyak.
Bagaimana caranya spy ASI sy jd banyak kembali tp sy bisa tetap memakai pil KB yg skrg?

Posting pada 16/06/2011 23:53:35

Dear ibu aliandri,
Risiko yang terburuk adalah kondom bocor atau penggunaannya tidak benar sehingga kehamilan terjadi. Sebenarnya KB suntik secara langsung menyebabkan stroke, tetapi biasanya penggunanya mempunyai penyakit lain yang menyertainya selama penggunaan KB suntik tersebut seperti darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi atau adanya penyakit kelainan darah.

Salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 15/05/2011 15:45:40

apakah resiko suami memakai alat kb kondom? trus terang suami melarang saya memakai alat kontrasepsi, karna pengalaman istri temannya setelah memakai kb suntik istriny mengalami stroke sebelah...terimakasih.

Posting pada 13/05/2011 11:04:34

Dear ibu Ira,
Tentu saja boleh. Laangkah pertama adalah meyakinkan tidak ada kehamilan, setelah itu memilih KB yang tidak mengganggu produksi ASI. Untuk proses pemilihan ini, saran saya adalah Ibu dan suami Ibu mendiskusikannya dengan bidan atau dokter Ibu karena banyak jenis KB yang bisa dipilih.

Salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 02/05/2011 18:45:38

Dear ibu Arlene,
Apa jenis spiral Ibu? Ada spiral yang memang dapat digunakan sampai 3 tahun, sampai 5 tahun dan bahkan sampai seumur hidup. Apabila selama ini siklus haid Ibu teratur, maka kemungkinannya adalah adanya kehamilan atau adanya gangguan siklus haid. Apabila hasil testpack negatif, maka tunggulah minimal 3 siklus. Apabila setelah 3 siklus dan hasil testpack yang negatif, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui adanya kelainan yang menyebabkan tidak haid.

Salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 02/05/2011 18:44:48

kalo belum menstruasi apa y bisa KB? saya baru 2 bulan yg lalu melahirkan, saya menyusui, dan belum menstruasi

Posting pada 27/04/2011 19:42:58

Mungkin ga sih spiral itu bs jebol? aku pake yg 5thn pemakaian msh 3 thn, tp kok bln ini blm ada tanda2 haid ya? apa perlu aku kedokter utk pemeriksaan? tp aku tes pak ga positif...please advice ya

Posting pada 27/04/2011 15:40:42

Dear ibu Harli,
Pemasangan spiral sebaaiknya dilakukan hari ke 2 haid untuk menghindari nyeri saat pemasangan.

Salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 11/04/2011 00:58:08

Kapan ya waktu yg tepat tuk pasang spiral ? saya ibu menyusui sekarang bayi saya berumur 7bulan,setelah masa nifas 40hari saya blm dtg bulan n baru bulan ke-7 ini saya datang bulan,saya mao KB spiral, kira2 kapan ya waktu yg tepat? setelah selesai menstruasi ato saat menstruasi ? thanks dok buat jawabannya.

Posting pada 06/04/2011 13:44:37

sesuai dengan informasi dan pengalamanku,juga sharing dari teman2 kalau KB suntik bikin gemuk, Pil kalau lupa bisa langsung hamil, kalau IUD/spiral banyak yang bilang aman dan hampir tidak ada efek samping yang merugikan.
dan akhirnya saya juga memutuskan untuk menggunakan IUD. dan ternyata pemasangan IUD itu tidak sakit seperti yang kita bayangkan sebelumnya.

Posting pada 21/03/2011 17:34:01

apakah kalau kb suntik atw minum pil itu membuat badan mnjadi gemuk. kb apa yg tdk mempengaruhi berat badan serta aman.

Posting pada 26/02/2011 13:16:59

Posting komentar…

Anda perlu Log in atau register untuk memasukkan komentar anda
   
Siapa
yang online?