With you, in your motherhood journey
   

Efek samping KB suntik 3blnan

Salam Kenal Tim dokter Nutricia & Bunda2...
Saya br saja 4 bln yg lalu melahirkan anak 1, pada 7 nov. Setelah 1 bulan tgl 12 desember saya memasang alat KB jenis suntik 3 bln.
yg ingin saya tanyakan:

- Kenapa setelah saya memasang KB saya keluar darah sampai saat ini. seperti menstruasi, tetapi darahnya tak sebanyak menstruasi seperti biasa....
- apakah saya tdk cocok dengan KB suntik 3bln....
- Apakah Efek samping dr KB jenis suntik 1 bln & 3 bln....

saya sudah berkonsultasi dengan bidan, dan bidan tersebut mengatakan ini hal yg wajar, namun knp jangka keluar darahnya sampai sekarang...

mohon bantuan & sarannya dr tim dktr & bunda2...
terima kasih

Posting pada 22/02/2010 17:09:30

Dear ibu maria ulfa,
Keluhan pusing dan mual bisa disebabkan oleh banyak hal. Apabila keluhan ini muncul setelah Ibu mengkonsumsi pil KB tersebut, maka bisa jadi Ibu mengkonsumsinya pada saat perut kosong ataau bersamaan dengan kopi atau teh, atau Ibu mempunyai keadaan lain seperti tekanan darah tinggi. Cobalah mengkonsumsinya saat Ibu sarapan atau segera setelah Ibu sarapan.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 13/11/2011 21:57:16

Dear djeng wi2n,
Berapa lama Ibu sudah menggunakan suntik KB 3 bulanan ini? Pemakaian suntik KB 3 bulana akan menyebabkan siklus haid menjadi terganggu, jadi apa yang terjadi pada Ibu adalah normal. Efektifitas suntik KB 3 bulanan baru dpat dikatakan baik setelah minimal 2 minggu setelah suntikan pertama, jadi sebaiknya Ibu tetap menggunakan kondom dalam 2 minggu pertama.

salam,
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak

Posting pada 13/11/2011 21:55:41

dear cn.saya baru melahirkan 7 september 2011.kemaren saya sempat minum pik kb laktasi.namun setelah minum kepala saya pusing dan mual.jd saya berhenti minum.sebenarnya apa penyebab pusing dan mual itu?dan apa solusinya.
terima kasih

Posting pada 11/11/2011 00:03:10

Dear Club Nutricia,

Kebetulan saya mengalami hal yg sama yaitu ada bercak setelah menggunakan Suntik KB 3 bln,yang saya mau tanyakan adalah,
1. berapa lama normalnya siklus bercak haid ini?
2. apakah aman jika saya berhubungan dengan suami?
Topic image

Posting pada 11/06/2011 23:02:22

Dear mom,
KB suntik terdiri atas 2 macam, jenis yang 1 bulan dan yang 3 bulan. Untuk Ibu menyusui, jenis KB suntik yang 1 bulan tidak disarankan karena akan mengganggu kelancaran ASI sedangkan jenis KB yang 3 bulan memang ditujukan untuk Ibu menyusui. Jenis KB yang 3 bulan akan mengakibatkan tidak terjadinya haid walaupun awalnya perdarahan bercak seperti yang Ibu alami sekarang terjadi. Jadi pilihan jenis yang 3 bulan memang sudah benar dan apa yang Ibu alami adalah bagian dari proses normal yang terjadi pada awal pemakaian jenis KB ini. Pilihan KB lain untuk Ibu menyusui (apabila Ibu berniat untuk mengganti jenis KB) adalah pil KB jenis menyusui, kondom dan spiral.
Terima kasih atas pertanyaannya.

Salam
dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, Sp.OG
Konsultan Ob-Gyn
Ayah dari 2 anak
Topic image

Posting pada 23/02/2010 16:45:33

Posting komentar…

Anda perlu Log in atau register untuk memasukkan komentar anda
   
Siapa
yang online?