With you, in your motherhood journey

Bayi minta ASI di malam hari

Di awal-awal usianya, sebagian besar bayi perlu diberi ASI di malam hari.Hal ini karena kapasitas perut mereka yang masih sangat kecil sehingga mereka perlu minum ASI lebih sering dibandingkan bayi yang usianya lebih besar.

Ibu Gitta Saifuddin van Engelen
Konsultan Perawatan Ibu & Bayi
Ibu dari 2 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

 

Mengapa bayi bangun di malam hari untuk minta ASI?

 

Setiap bayi sangat unik dan mempunyai kebutuhan ASI yang berbeda satu sama lain. Selama tiga bulan pertama, bayi lebih sering minta ASI di malam hari karena perutnya masih sangat kecil sehingga tidak dapat menampung banyak susu. Selain itu, ASI mudah sekali dicerna, sehingga bayi lebih cepat merasa lapar. Masih banyak alasan lain mengapa bayi Ibu sering bangun untuk minta ASI, antara lain:

 

  • Mungkin mereka memang haus atau lapar.

  • Mungkin rewel karena giginya sedang tumbuh

  • Periksa suhu ruangan – apakah bayi Anda kedinginan atau kepanasan?

  • Bayi juga rewel jika kondisinya kurang sehat.

  • Atau mungkin dia hanya ingin menikmati kehangatan pelukan ibunya dimalam hari.


Menghentikan kebiasaan bangun malam

 

Apakah bayi Ibu memang perlu bangun dimalam hari untuk minta ASI sebenarnya bergantung pada usianya. Perut bayi yang baru lahir sangat kecil sehingga dia tidak bisa menampung susu dalam jumlah banyak. Karena itu sebentar-sebentar ia perlu bangun untuk minta ASI.

 

Seiring dengan usianya yang bertambah, kebiasaan bayi Ibu minta ASI di malam hari akan berkurang. Ibu bisa mulai mencoba memberikannya ASI lebih sering saat ia terbangun dan memberinya ASI terakhir kali tepat sebelum ia tidur. Semoga Ibu dan bayi Ibu menikmati tidur yang nyenyak!