With you, in your motherhood journey

Makanan Pendamping ASI

Jika Ibu butuh bantuan mengenai untuk menu seimbang atau
mengatasi bayi yang rewel makannya, tim kami dengan senang
hati membantu. Tanyakan pada kami atau ibu lain di forum.

Ibu Pritasari, SKM, M.Sc.
Konsultan Nutrisi
Ibu dari 3 anak


Print this page   Email a Friend      Share on Facebook   

Makanan tambahan penting untuk perkembangan


Pemberian makanan tambahan adalah masa saat bayi mengalami perpindahan menu dari hanya minum susu beralih ke menu yang mengikutsertakan makanan padat. Ini adalah bagian yang menyenangkan dan sangat penting dalam perkembangan bayi. Susu akan terus menyuplai zat gizi yang dibutuhkan bayi sampai saat tertentu, namun saat bayi Ibu semakin aktif, makanan padat menjadi semakin berperan sebagai menu sehat, dan seimbang.


Pemberian makanan tambahan pada bayi tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa – ini adalah proses yang berkembang secara perlahan dimana Ibu mengalihkan menu bayi dari cairan ke makanan lumat, kemudian ke makanan yang lebih padat dan akhirnya berupa potongan. Proses ini juga akan membuat Ibu dan bayi belepotan!


Perkembangan dan pembelajaran


Pemberian makanan tambahan bukan sekedar menambah zat gizi atau mengisi perut bayi. Pada tahap ini, bayi mudah beradaptasi dan belajar dengan cepat. Dengan mengenalkan rasa, dan tekstur baru serta pengalaman makan dengan sendok, makan menjadi cara yang menyenangkan untuk membantu perkembangannya.


Proses pemberian makanan tambahan juga berarti membiasakan bayi terhadap rasa aneh saat makanan berada dalam mulutnya! Beberapa bulan berikutnya begitu Ibu mengenalkan rasa dan tekstur baru, bayi akan mengembangkan keterampilan menelan dan mengunyah. Ini membantunya mengembangkan otot yang akan digunakannya untuk bicara.


Bersabarlah


Perlu diingat bahwa pemberian makanan tambahan lebih merupakan proses mencoba. Proses belajar makan merupakan perubahan besar dari menghisap payudara atau botol, bayi mungkin merasa agak frustrasi - demikian pula Ibu


Bersiaplah untuk bersabar menghadapi bayi yang membiasakan diri terhadap sensasi memindah-mindahkan makanan dalam mulutnya hingga belajar mengunyah. Yang penting jangan terlalu khawatir bila ia menolak suatu jenis makanan, bisa jadi butuh sampai 15 kali usaha agar bayi Ibu mau makanan tertentu!


Dan ingat, tim ahli Club Nutricia di sini siap membantu dengan panduan dan saran jika Ibu membutuhkannya. Dan ada banyak ibu lainnya yang senang berbagi di forum kami.