Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
membangun-rasa-percaya-diri-balita_ratio-1_700x278pxl
Pola Asuh Anak

Membangun Rasa Percaya Diri Balita

15 Januari 2020

Rasa percaya diri yang sehat adalah bekal bagi balita dalam menghadapi tantangan.

Manfaat Rasa Percaya Diri pada Balita

Anak yang mengetahui kelebihan dan kekurangannya akan lebih mudah dalam menangani konflik, lebih kreatif, lebih realistis dan lebih optimis. Berikut hal-hal yang penting Ibu ketahui seputar penanaman rasa percaya diri balita:

Jangan biarkan si Kecil mengalami krisis percaya diri apalagi merasa minder. Menjadi pribadi yang yakin dengan kemampuan diri sendiri akan berikan banyak manfaat bagi si Kecil di kemudian hari.

Berikut manfaat pengembangan rasa percaya diri si Kecil:
- Si Kecil akan menjadi pribadi yang lebih terbuka dan jujur, juga lebih menikmati interaksi.
- Lebih merasa nyaman dan aman dalam sebuah aktivitas kelompok.
- Rasa percaya diri yang sehat akan membuat si Kecil memiliki pikiran yang positif dan memiliki karakter optimis.

Baca Juga: Apa ya, Tanda-tanda Anak yang Percaya Diri?

Cara Membangun Rasa Percaya Diri Si Kecil

- Berikan kasih sayang kepada Si Kecil.
- Berikan ia perhatian.
- Ajak si Kecil untuk mengenal banyak hal baru. 
- Hindari membanding-bandingkan si Kecil dengan teman sebayanya.
- Berikan Si Kecil penghargaan akan kompetensi pribadinya.

Did you know?

"Pujian yang diberikan secara tepat akan membuat anak merasa dihargai."

Nessi Purnomo, Psi, Msi

Hindari Memuji Si Kecil Terlalu Berlebihan

Ketika si Kecil berhasil melakukan sesuatu dengan sangat baik, Ibu perlu ingat bahwa ini tercapai karena konsistensi, kesabaran dan upaya dari Ibu juga. Maka jangan sampai memuji pencapaian si Kecil secara berlebihan.

Apa yang perlu Ibu lakukan adalah mengingat dan menggaris bawahi pencapaian tersebut, bukan memujinya secara berlebihan. Hal ini bisa memberikan efek buruk bagi si Kecil.

Optimalkan perkembangan otak serta pertumbuhan tubuh si Kecil di sini.

- Higgins, E.T., et al. In Social cognition and social development. 1983; Cambridge (pp): 15-62.
- Cairns, R.B., et al. Child Development, 1989; 60:1437-52.

comment-icon comment-icon